Tetap Ingin Manis Tapi Takut Diabetes? Ini Pengganti Gula yang Aman

Pengganti gula yang aman untuk diabetes.(Foto:bAlodokter)

Sukoharjonews.com – Memiliki diabetes tak serta-merta membuat kamu harus berhenti mengonsumsi makanan dan minuman manis. Kamu tetap bisa menikmatinya dengan mengganti gula pasir (sukrosa) menggunakan pemanis rendah kalori.


Dilansir dari Klik Dokter, Sabtu, (29/6/2024),makanan dan minuman pun bisa tetap enak di lidah, tanpa takut kadar gula darah meningkat. Lalu, apa saja daftar pengganti gula yang aman untuk penderita diabetes? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. xylitol
Meski tergolong gula alkohol, xylitol tidak mengandung alkohol. Hanya saja, pemanis ini memiliki rantai kimia yang mengandung tambahan rantai alkohol “–OH”.

Tingkat rasa manis silitol mirip gula pasir. Kandungan kalorinya pun hanya 40 persen dari kalori gula pasir. Karena tak mengandung fruktosa, xylitol tidak meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, silitol juga bermanfaat menurunkan risiko gigi berlubang dan meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

2. Erythritol
Pengganti gula untuk penderita diabetes (diabetesi) berikutnya adalah erythritol. Sama seperti xylitol, eritritol juga tergolong gula alkohol. Bedanya, kandungan kalori erythritol jauh lebih rendah, yaitu hanya 6 persen dari kalori gula pasir. Erythritol pun tergolong aman dan sangat jarang menimbulkan efek samping.

3. Sakarin
Sakarin banyak dipakai sebagai pemanis makanan kemasan maupun siap saji. Dahulu, sakarin sempat dikhawatirkan bisa menyebabkan kanker, tetapi kini telah dinyatakan aman oleh Food and Drug Association (FDA), Amerika Serikat untuk digunakan sebagai pemanis bagi penderita diabetes.


4. Stevia
Stevia adalah pemanis alami tak berkalori yang berasal dari ekstrak daun stevia. Selain digunakan sebagai pemanis minuman, stevia juga bisa dipakai untuk memasak dan membuat kue.

Hingga kini, stevia mungkin masih menjadi satu-satunya pemanis yang dapat menurunkan kadar gula dan tekanan darah secara langsung. Pemanis ini pun aman dikonsumsi untuk jangka panjang tanpa menimbulkan efek samping.

5. Sukralosa
Sukralosa adalah pemanis yang kini banyak digunakan diabetesi. Sukralosa tergolong aman, rendah kalori, mudah diproduksi, dan harganya terjangkau.

Sama seperti stevia, sukralosa bisa digunakan sebagai pemanis minuman maupun bahan penyedap masakan.

6. Kurma
Kurma sangat tinggi kalori, tetapi riset membuktikan bahwa buah ini tidak meningkatkan level gula darah penderita diabetes. Karenanya, kurma bisa digunakan sebagai pengganti gula untuk diet diabetes.

Kurma juga mengandung banyak nutrisi, seperti serat, magnesium, mangan, vitamin B6, karotenoid dan antioksidan polifenol. Diabetesi bisa mengolah kurma menjadi smoothies, energy bar, kue, dan(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *