Tesla Mengumumkan Robot Humanoid Optimus Gen 2 dengan Peningkatan Signifikan Dibandingkan Optimus Gen 1

Robot Humanoid Optimus Gen 2. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Robot humanoid Optimus Gen 2 akan segera dirilis, menurut Tesla. Optimus Gen 2 hadir dengan penginderaan kekuatan tangan dan kaki baru, serta peningkatan lainnya. Ia memiliki penginderaan sentuhan di semua jari dan robot ini jauh lebih cepat dan lebih ringan dari pendahulunya. Robot Tesla baru bergerak sekitar 30% lebih cepat dari sebelumnya dan hadir 9 bulan setelah peluncuran robot Optimus pertama.


Dilansir dari Gizmochina, Minggu (17/12/2023), kemampuan performa dan daya tahan robot humanoid Tesla baru ini tetap dipertahankan dari pendahulunya. Tangan baru ini menawarkan 11 derajat kebebasan untuk menangani objek sensitif dan bahkan halus dengan lebih baik. Robot ini menawarkan 2 derajat kebebasan leher selain penginderaan gaya/torsi kaki dan bagian jari kaki yang diartikulasikan meniru kaki manusia.

Berbagai peningkatan memberikan Optimus Gen 2 tampilan yang benar-benar manusiawi. Ini dapat digunakan untuk berbagai macam aplikasi dan fungsionalitas AI-nya juga penting.


Robot humanoid Optimus Gen 2 dilengkapi aktuator dan sensor dengan sirkuit terintegrasi dan harness. Ada pengurangan bobot Optimus Gen 2 sebanyak 10kg dibandingkan model sebelumnya. Robot memiliki keseimbangan dan kendali yang lebih baik terhadap seluruh tubuh robot. Tesla memamerkan peningkatan kontrol postur dengan duo robot menari. Kecepatan robot ditunjukkan dengan catwalk di depan barisan Cybertruck.

Video Optimus Gen 2 diposting di X (sebelumnya Twitter) dan menyoroti beberapa bagian robot. Video tersebut bahkan menunjukkan robot tersebut dengan cekatan menangani telur dan menggarisbawahi peningkatan pada model baru tersebut. Tesla belum memberikan informasi pasti mengenai tanggal rilis dan harga Optimus Gen 2. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *