Tesla Meluncurkan Robotaxi Ambisius Tanpa Roda Kemudi atau Pedal, Segini Nilainya

Tesla Cybercab. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Robotaxi Tesla yang sangat dinanti-nantikan, yang telah diejek selama bertahun-tahun sebagai “Cybercab” dan “Robotaxi”, akhirnya muncul secara fisik di sebuah acara pada Kamis malam.

Dikutip dari Gizmochina, Senin (14/10/2024), kendaraan dua tempat duduk yang ramping ini menawarkan tampilan dan fitur futuristik seperti pintu kupu-kupu dan pengisian daya nirkabel, namun fitur yang menonjol adalah tidak adanya roda kemudi.

Spesifikasi Tesla Cybercab
Ini dirancang untuk dunia di mana penumpang bersantai dan membiarkan mobil mengendalikan kemudi. Namun, ada beberapa keraguan mengenai kemampuan self-driving-nya. Mari masuk ke detailnya.

Hal pertama yang pertama, Cybercab benar-benar menarik perhatian. Ini memulai debutnya dalam eksterior berlapis emas yang menampilkan bilah lampu yang tampaknya menampung lampu depan matriks, mengingatkan pada Cybertruck.

Dan bukan hanya kemudinya yang hilang dari orang ini, dia juga tidak memiliki pedal atau bahkan jendela belakang. Ini dirancang untuk sepenuhnya mengandalkan kamera dan sensor untuk melihat lingkungan sekitar 360 derajat. Faktanya, CEO Tesla Elon Musk membuat penampilan dramatis di panggung acara di dalam Cybercab itu sendiri.

Di dalam, penumpang akan disambut oleh suasana seperti lounge dan Anda akan memiliki ruang kargo yang luas berkat bagasi hatchback yang besar.

Salah satu fitur paling menarik dari Cybercab adalah pengisian daya induksi nirkabel. Tanpa port pengisian daya, ini adalah kendaraan Tesla pertama yang mendukung teknologi ini. Namun, acara tersebut tidak menjelaskan detail teknis seperti ukuran baterai Cybercab atau seberapa cepat pengisian dayanya.

Tesla Cybercab. (Foto: Gizmochina)

Desain Tesla-Cybercab
Pengisian daya induktif adalah metode pengisian daya kendaraan listrik (EV) nirkabel yang menggunakan medan elektromagnetik untuk mentransfer energi dari bantalan pengisi daya ke baterai.

Musk berkata, “Robotaxi tidak memiliki colokan. Itu hanya melewati pengisi daya induktif dan mengisi daya. Jadi, ya, memang seharusnya begitu.”

Tesla Cybercab mengemudi secara mandiri?
Sekarang, mari kita bahas permasalahan yang ada – yaitu teknologi self-driving itu sendiri. Tesla telah menjanjikan kemampuan berkendara otonom penuh selama bertahun-tahun, namun model saat ini dengan paket “Full Self-Driving (FSD)” masih memerlukan pengawasan manusia. Hal ini membayangi kurangnya kontrol pengemudi di Cybercab.

Musk memastikan Cybercab menggunakan komputer Tesla AI5 terbaru dan hanya mengandalkan sistem kamera. Dia juga menegaskan kembali niatnya untuk mengaktifkan Full Self-Driving tanpa pengawasan pada model saat ini tahun depan di wilayah tertentu.

Namun sejujurnya, janji yang sama telah dibuat setiap tahun selama lima tahun terakhir. Selain itu, data menunjukkan bahwa Tesla memerlukan peningkatan yang signifikan dalam tingkat pelepasan (frekuensi yang harus diambil oleh pengemudi manusia) sebelum mengemudi tanpa pengawasan menjadi kenyataan. Jadi kami belum terlalu optimis dengan klaim Musk.

Harga dan Ketersediaan
Mengenai harga dan ketersediaan, Musk mengatakan bahwa produksi Cybercab akan dimulai “sebelum 2027” dan akan dibanderol dengan harga di bawah USD30.000 atau Rp467 jutaan.

Namun, kita tidak dapat mengabaikan fakta bahwa Roadster generasi kedua Tesla, yang diluncurkan pada tahun 2017, belum memasuki produksi seri. Jadi tidak ada jaminan Cybercab tidak akan mengalami nasib serupa. Harapannya tinggi, tetapi hanya waktu yang akan membuktikan apakah Tesla dan Musk dapat memenuhi janji tersebut. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar