Ternyata Transmigrasi Masih Ada, Lima KK Akan Diberangkatkan Ke Padang

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Sukoharjo Bahtiyar Zunan.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Lama tidak terdengar, program transmigrai pemerintah ternyata masih berjalan hingga kini. Buktinya, sebanyak lima kepala keluarga (KK) yang terdiri dari 15 jiwa warga Sukoharjo siap diberangkatkan ke Padang, Sumatera Barat sebagai peserta program transmigrasi tahun 2018. Nantinya, para transmigran akan mendapat lahan perkebunan untuk digarap.


“Kuota peserta transmigrasi untuk Sukoharjo sudah diberikan. Tahun ini Sukoharjo diberi 5 KK untuk kuota transmigrasi,” terang Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Sukoharjo Bahtiyar Zunan, Senin (9/7).

Dikatakan Zunan, Sukoharjo mendapatkan alokasi sebanyak lima KK dengan daerah tujuan ke Padang, Sumatera Barat. Daerah tujuan tersebut sangat melegakan dan membuat animo warga Sukoharjo menjadi peserta transmigrasi meningkat. Pasalnya, diinformasikan lokasi tersebut masuk daerah perkotaan dan bukan pedalaman.

Diakui Zunan, daerah tujuan transmigrasi tahun ini beda dibanding sebelumnya karena dekat dengan perkotaan dan jauh dari wilayah pedalaman. Itu yang menjadi animo peserta transmigrasi meningkat. Total sudah ada lima KK terdaftar dan siap diberangkatkan ke Padang, Sumatera Barat. Bentuk kesiapan salah satunya yakni dengan mengumpulkan berkas dan pernyataan menjadi transmigran.

Sesuai jadwal, lima KK peserta transmigrasi asal Sukoharjo akan dilakukan pembekalan lebih dulu oleh petugas dalam waktu dekat. Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Sukoharjo juga melakukan persiapan dengan mengikuti sosialisasi persiapan pemberangkatan dari provinsi pada 18 Juli mendatang di Kota Solo.

Setelah 18 Juli, ujarnya, tahap selanjutnya yakni menunggu jadwal pemberangkatan para transmigran ke Padang, Sumatera Barat. Pemberangkatan rencananya akan dilakukan bersama dengan transmigran asal daerah lain di Solo Raya dan Provinsi Jawa Tengah. Nantinya, dalam satu tahun pertama transmigran akan mendapatkan bantuan biaya hidup, rumah dan lahan seluas satu hektar.

“Selama ini tujuan favorit warga untuk transmigrasi Kalimantan karena banyak warga Sukoharjo yang sukses di Kalimantan,” ujarnya. (erlano putra)


Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar