Ternyata Sayur Berikut Lebih Baik Dikonsumsi Bersama Kulitnya, Apa Saja? Simak Disini!

Sayuran yang lebih baik dimakan dengan kulitnya. (Foto: times)

Sukoharjonews.com – Kulit dan kulit sayuran seringkali kaya akan antioksidan, serat, dan nutrisi penting lainnya. Namun, membuang kulit sayuran tertentu dapat menghilangkan kandungan nutrisi sayuran tersebut secara keseluruhan.

Dikutip dari Healthshots, pada Jumat (13/10/2023), sayuran adalah bagian penting dari pola makan sehat, karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk memberi nutrisi pada tubuh Anda dan menjaga kesehatan. Dan kulit beberapa sayuran menyimpan harta karun berupa nutrisi penting. Berikut ini adalah sayuran yang bisa dikonsumsi tanpa mengupas kulitnya:

1. Kentang
Kentang adalah makanan pokok dalam resep India, dan kulitnya kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Mereka mengandung lebih banyak potasium daripada daging, yang penting untuk kesehatan jantung dan fungsi otot. Faktanya, kulit kentang juga kaya akan zat besi yang membantu mendukung fungsi sel darah merah. Oleh karena itu, membiarkan kulit kentang tidak hanya menambah tekstur yang nikmat tetapi juga meningkatkan kandungan nutrisinya. Pastikan Anda menggosoknya dengan benar untuk menghilangkan semua kotoran sebelum dimasak.

2. Mentimun
Ya, Anda juga harus makan mentimun, beserta kulitnya. Kulit mentimun kaya akan serat, vitamin, dan mineral, termasuk vitamin K, yang penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Timun juga merupakan sumber silika, senyawa yang mendukung kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Sertakan kulit mentimun dalam salad atau makanan ringan Anda untuk menambah nutrisi dan tetap terhidrasi.

3. Terong
Kulit terong kaya akan antioksidan kuat yang disebut nasunin yang membantu melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif. Ini juga menyediakan serat makanan yang membantu pencernaan dan memberi rasa kenyang. Saat menyiapkan hidangan seperti terong parmesan atau terong panggang, jagalah kulitnya tetap utuh untuk memaksimalkan manfaat kesehatannya.

4. Wortel
Kulit wortel benar-benar aman dikonsumsi dan ternyata bermanfaat. Kukit wortel tipis dan dapat dimakan serta dikemas dengan beberapa nutrisi, termasuk antioksidan, vitamin C, B3, serat makanan, dan fitonutrien. Nutrisi ini dikenal karena sifatnya yang meningkatkan kekebalan tubuh dan perannya dalam menjaga kesehatan kulit dan penglihatan. Kandungan beta-karoten yang memberi warna oranye cerah pada wortel berkontribusi pada peningkatan pencernaan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

5. Zucchini
Baik daging maupun kulit zucchini menawarkan banyak manfaat kesehatan, seperti pencernaan yang lebih baik , peningkatan mood, dan pembentukan tulang. Kulitnya merupakan sumber serat makanan, vitamin C, dan potasium yang luar biasa. Kulitnya juga menambah tekstur yang menyenangkan pada berbagai masakan. Baik Anda menumis, memanggang, atau memanggang zucchini, membiarkan kulitnya tetap menempel adalah cara terbaik untuk meningkatkan nilai gizinya.

Nah, sekarang Anda sudah tahu sayuran apa saja yang tidak boleh Anda kupas. Namun pastikan sebelum memakan atau menggunakan sayuran ini untuk memasak, Anda mencucinya hingga bersih untuk menghilangkan kotoran dan pestisida!(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar