Ternyata Buah Semangka Dapat Tingkatkan Kesehatan Jantung

buah semangka dapat tingkatkan kesehatan jantung. (foto:Pixabay)

Sukoharjonews.com – Semangka diyakini pertama kali didomestikasi lebih dari 4.000 tahun yang lalu di Afrika Timur Laut.Manis dan berair, menjadikannya suguhan yang sempurna untuk memuaskan dahaga Anda selama musim panas.


Dilansir dari Healthline, Rabu (8/02/2023) buah bulat besar ini memiliki kulit hijau dan daging merah cerah. Itu juga dikemas dengan nutrisi, termasuk antioksidan dan vitamin A dan C.Berikut adalah 9 manfaat kesehatan utama dari semangka.

1. Membantu Anda tetap terhidrasi
Tetap terhidrasi penting agar tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Pengaturan suhu tubuh, fungsi organ normal, pengiriman nutrisi ke sel, dan kewaspadaan hanyalah sebagian dari proses tubuh yang bergantung pada hidrasi yang memadai.Semangka terdiri dari 92% air, menjadikannya pilihan tepat untuk asupan air harian.

Selain itu, karena kandungan airnya yang tinggi, melon ini memiliki kepadatan kalori yang rendah — dengan kata lain, sangat sedikit kalori untuk berat totalnya.Mengonsumsi makanan dengan kepadatan kalori rendah, seperti semangka, dapat membantu mengatur berat badan dengan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Dikemas dengan nutrisi dan senyawa tanaman yang bermanfaat
Semangka mengandung berbagai nutrisi, termasuk potasium, magnesium, serta vitamin A dan C. Semangka juga relatif rendah kalori, hanya mengandung 46 per cangkir (152 gram).

Berikut nutrisi dalam 1 cangkir (152 gram) semangka mentah yang dipotong dulu: Calories: 46, Ccarbs: 11.5 grams, Fiber: 0.6 grams, Sugar: 9.4 grams, Protein: 0.9 grams, Fat: 0.2 grams, Vitamin A: 5% of the Daily Value (DV), Vitamin C: 14% of the DV, Potassium: 4% of the DV, Magnesium: 4% of the DV.


3. Dapat meningkatkan kesehatan jantung
Beberapa nutrisi dalam semangka dapat mendukung kesehatan jantung.

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Perlu dicatat bahwa faktor gaya hidup seperti pola makan dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Studi menunjukkan bahwa likopen dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Ini juga dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi.

Semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh Anda. Oksida nitrat membantu pembuluh darah Anda mengembang, yang menurunkan tekanan darah.

Vitamin dan mineral sehat jantung lainnya dalam semangka termasuk magnesium, potasium, dan vitamin A, B6, dan C.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *