Terkonfirmasi: Honda CBR400R FOUR Benar-benar Nyata

Honda CBR400R FOUR. (Foto: Greatbiker)

Sukoharjonews.com – Pada tanggal 13 September adalah hari pertama China International Motorcycle Show 2024 digelar. Pada acara tersebut, General Manager Unit Bisnis Sepeda Motor Honda Minoru Kato tampil di booth Honda. Dalam pemaparannya, ia secara resmi mengumumkan bahwa perusahaan akan meluncurkan motor sport mid-size baru bermesin 4 silinder, yang bukan CBR650R.

Dikutip dari Greatbiker, Sabtu (21/9/2024), menariknya, pengumuman tersebut dikabarkan berkapasitas mesin 500 cc agar bisa menyasar pasar China dan akan menggunakan China sebagai basis produksi dan pengembangan. Besar kemungkinan kapasitas mesinnya akan diubah ke kelas 400 cc untuk dikirim kembali ke pasar Jepang.

Prinsip tersebut sudah ada sebelumnya, dengan Honda menggunakan basis produksi di Thailand untuk memproduksi Seri 500 untuk didistribusikan ke seluruh dunia dan mengurangi ukuran mesin menjadi 399 cc untuk kembali dijual di Jepang.

Jika kita melihat kembali di pasar China, sebelumnya ada model CBR500R yang dijual, namun merupakan mobil sport yang menggunakan mesin 2 silinder yang berbasiskan CBR500R produksi Thailand. Namun diproduksi di China sehingga membuat modelnya berbeda.

Honda CBR400R FOUR. (Foto: Greatbiker)

Dan kini, Seri 500 telah mengalami perubahan besar di tahun 2021, namun di China belum ada pembaruan seperti di pasar global. Dan masih dijual dalam bentuk aslinya dari dulu. Perubahan baru ini harus menjadi peran penting bagi produk yang dapat merangsang penjualan lebih baik dari sebelumnya.

Konfirmasi CBR400R FOUR akan dipasarkan di Jepang belum lama ini. Kami mengajukan permintaan merek dagang Honda di Jepang yang akan menggunakan nama “CBR400R FOUR”. Salah satu alasannya adalah untuk menghindari kebingungan di kalangan konsumen. Pabrikan akan tetap menjual model CBR400R yang menggunakan mesin 2 silinder untuk menutupi pasar dengan harga yang tidak terlalu mahal. Ia akan menggunakan nama produk CBR400R FOUR pada level yang lebih tinggi, yang tentunya berarti harga jualnya juga harus tinggi.

Terakhir, jika sesuai prediksi, CBR500R/CBR400R FOUR akan menjadi model sub-600cc kedua setelah Kawasaki Ninja ZX-4R yang saat ini menjadi satu-satunya motor supersport di kelas 400cc yang dibekali mesin 4 silinder. Kedatangan Honda kali ini mungkin bisa menjadi pilihan lain untuk mengurangi monopoli produk dan menciptakan standar yang berbeda dari sekarang, yang harus kita tindak lanjuti.

Model ini diperkirakan akan diluncurkan di Chinak pada akhir tahun 2025 dan diluncurkan di Jepang pada awal tahun 2026. Sedangkan untuk pasar regional lainnya, untuk model ini masih harus menungggu. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar