Ragam  

Tergerus Sungai Bengawan Solo, Rumah Warga Dalangan Sukoharjo Hanyut, Bupati Janjikan Ini

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat cek lokasi rumah warga yang hanyut di Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari, Selasa (7/3/2023).

Sukoharjonews.com (Tawangsari) – Kejadian hanyutnya rumah warga kembali terjadi di Dukuh Dliyun, Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo. Rumah warga hanyut setelah tebing Sungai Bengawan Solo kembali ambrol karena tergerus derasnya arus, Selasa (7/3/2023).


Hanyutnya rumah warga milik Triyono tersebut terjadi pukul 06.30 WIB. Saat ini, arus sungai Bengawan Solo memang masih sangat deras meski tidak turun hujan dalam beberapa hari ini. Mengetahui kejadian itu, Bupati Sukoharjo Etik Suryani pun mendatangi lokasi dan menemui pemilik rumah.

Begitu bupati tiba, Untari-istri Triyono-langsung menangis. Utari menyampaikan jika sudah bertahun-tahun rumahnya habis karena hanyut oleh abrasi sungai Bengawan Solo. Bahkan, saat ini dirinya dan keluarga tinggal di rumah kakaknya yang masih ada di kompleks yang sama.

“Rumah sudah kami kosongkan, barang-barang kami ungsikan karena takut sewaktu-waktu hanyut,” ujarnya sambil terisak.


Untari juga bercerita jika jarak rumah dan tebing sungai awalnya sangat jauh. Namun, secara perlahan tebing sungai terus ambrol dan mengikis pekarangannya hingga rumahnya. Untari juga bercerita jika masalah itu pernah disampaikan ke Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat berkunjung ke sebuah rumah makan di Tawangsari.

“Masalah ini sudah kami laporkan ke Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo. Sudah beberapa kali survei, digambar, namun hingga kini belum ada aksi apapun,” tegas Kepala Desa Dalangan, Bagyo Slameto.

Terkait hal itu, Bupati menyampaikan terkait abrasi sungai Bengawan Solo memang menjadi kewenangan BBWSBS. pemkab Sukoharjo tidak bisa berbuat apa-apa karena bukan kewenangannya. Bupati mengaku sudah dua kali audiensi dengan BBWSBS dan hingga kini belum ada tindakan apa-apa.


“Kalau soal abrasi Bengawan Solo, Pemda tidak bisa berbuat apa-apa itu ranahnya BBWSBS. Saya hanya meminta dengan sangat agar BBWSBS bisa segera turun tangan,” ujarnya.

Disisi lain, terkait rumah Untari, Bupati menjanjikan untuk membantu membangunkannya bersama Baznas. Meski sederhana, Bupati menyampaikan kepada Baznas yang juga turut hadir ke lokasi untuk memprioritaskan penyaluran bantuan untuk warga Dalangan tersebut. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *