Terasi Udang, Bumbu yang Bau Tapi Menyehatkan

Terasi udang yang menyehatkan. (Foto: linimasa)

Sukoharjonews.com – Masakan oriental terkenal dengan berbagai bahannya yang eksotis. Diantaranya adalah terasi, bumbu fermentasi yang digunakan dalam sambal, kari, dan saus. Dikenal karena baunya yang menyengat dan rasanya yang kuat, terasi tidak bisa dimakan begitu saja. Meski berbau busuk, ia memiliki banyak rasa. Dalam beberapa olahan Asia Selatan, ini dianggap sebagai bahan yang sangat diperlukan.

Dilansir dari times foodie, Rabu (24 /1/2024), Terasi udang mungkin rendah kalori dan karbohidrat tetapi kaya akan nutrisi. Mengandung antioksidan yang disebut astaxanthin, yang meningkatkan kesehatan kulit dengan mencegah keriput dan melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari.

Udang mengandung sejumlah besar selenium yang berperan penting dalam mencegah jenis kanker tertentu. Bumbu ini juga mengandung fosfor, vitamin B12 dan nutrisi penting lainnya. Terasi yang difermentasi memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan penelitian menunjukkan bahwa terasi dapat membantu melindungi gigi dari kerusakan.

Manfaat kesehatan utama dari terasi:

1. Memperkuat tulang: Terasi mengandung vitamin D dan fosfor. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan tulang, mencegah osteoporosis dan juga menurunkan risiko patah tulang.

2. Meningkatkan mood: Terasi mengandung triptofan, yang membantu mengeluarkan serotonin, hormon peningkat mood.

3. Meningkatkan fungsi otak: Udang mengandung vitamin b12 dan omega-3, yang meningkatkan fungsi otak.

4. Membantu menurunkan berat badan: Karena terasi rendah kalori dan tinggi protein, terasi bisa menjadi tambahan yang baik untuk diet penurunan berat badan.

Manfaat lain dari terasi:

-Mencegah penggumpalan darah
-Meningkatkan fungsi otak
-Bermanfaat bagi rambut dan kulit
-Melawan penuaan
-Sumber selenium yang bagus
-Melindungi dari sinar UV

Cara menggunakan terasi

Jika Anda tidak terganggu dengan baunya yang menyengat dan menyengat, ada berbagai cara menggunakan terasi untuk menambah rasa pada makanan.

Sebelum menggunakan terasi, masaklah sebentar untuk menghilangkan semua rasa. Gunakan untuk mengasinkan daging dan makanan laut sebelum ditusuk atau digoreng. Pasta ini mengandung rasa makanan laut pekat yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas sup, mie, nasi goreng, dan tumis.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar