Tengah Liburan ke Magelang, Cek 9 Kuliner Khas yang Bisa Ditemukan di Sekitar Candi Borobudur

Kuliner khas Magelang. (Foto: Kemenparekraf)

Sukoharjonews.com – Candi Borobudur yang berada di Magelang menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi selama libur. Saat tengah berlibur di Magelang, setelah puas berjalan-jalan tentunya Anda juga perlu mengisi tenaga dengan mencoba menu masakan khas yang menggugah selera.

Di sekitar Candi Borobudur, ada banyak sekali makanan enak yang bisa dicicipi. Tapi dari mana kira-kira Anda harus memulai perjalanan kuliner mengasyikkan ini? Simak inspirasi sembilan kuliner khas yang wajib dicoba di sekitar Borobudur!

1. Ndas Beong

Ndas Beong. (Foto: Kemenparekraf)

Ikan Beong adalah sejenis ikan yang hanya bisa ditemukan di Sungai Progo. Nah Ikan ini dimasak dengan rempah-rempah istimewa seperti lengkuas, sereh, jahe dan daun bawang yang menciptakan menu ikan yang begitu lembut dan sedap.

Ndas Beong juga adalah makanan pedas yang sangat direkomendasikan untuk Sobat Pesona yang ingin menikmati cita rasa yang menggigit lidah. Tapi kalau tidak tahan pedas, Anda juga bisa memesan porsi yang tidak pedas. Makanan yang bikin ngiler ini bisa Sobat Pesona temukan di Warung Makan Sehati di desa Bumen, di dekat Borobudur.

2. Sop Senerek
Cuma beberapa menit dari Borobudur, ada beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati Sop Senerek Iga Sapi, seperti Sop Senerek Pak Parto di Jalan Jenderal Sudirman. Sajian ini terdiri dari sop kacang merah dan beberapa sayuran lain yang di atasnya diberikan potongan daging. Sopnya bening dan sering kali pedas. Makanan ini menjadi makanan yang paling digemari di masa penjajahan, dan sekarang bisa ditemui di sekitar Borobudur. Sop Senerek juga merupakan salah satu makanan khas yang paling digemari dari kota Magelang.

3. Nasi Lesah

Nasi Lesah. (Foto: Gundulpacul999) via Kemenparekraf

Dahulu Nasi Lesah adalah Kuliner lokal yang paling digemari, namun sekarang menu makanan ini hanya bisa ditemukan di sekitar Magelang saja. Salah satu tempat terkenal yang menghidangkan menu ini adalah Nasi Lesah Pak Badut. Nasi Lesah ini sebenarnya mirip dengan menu tradisional lain yang bernama Soto, namun kuah dari Lesah ini tidak kuning seperti Soto, melainkan disiram dengan menggunakan santan kelapa, itulah kenapa rasanya lebih kental dan sedap. Makan sop Lesah ini paling mantap jika ditemani sepiring nasi hangat yang mengepul.

4. Sego Godog

Sego Godog. (Foto: jogjabikinlaper via Kemenparekraf)

Makanan ini begitu terkenal hingga restoran yang menjual menu ini selalu penuh. Tapi masa menunggu untuk dilayani benar-benar terbayarkan karena rasa nasi yang begitu penuh kenikmatan ini pantas untuk mendapatkan tempat istimewa di lidah Sobat Pesona. Makanan yang unik ini terdiri dari nasi yang direndam dalam kuah yang pedas dan berempah. Menunya terdiri dari telur, suwiran ayam, kol, wortel, seledri dan bawang yang kemudian dicampur dengan nasi. Kalau Sobat Pesona suka masakan pedas, Sobat bisa tambahkan sambal yang akan membuat pengalaman makan Sego Godog menjadi berlipat-lipat enaknya!

5. Kupat Tahu

Kupat Tahu. (Foto: Kemenparekraf)

Makanan terkenal lainnya di kota ini adalah Kupat Tahu. Makanan ini terdiri dari ketupat, mi, gorengan lokal, kol dan tahu. Seluruh makanan ini lalu disiram dengan sambal kacang yang lezat yang menyempurnakan makan ini! Menu ini cocok sekali Sobat Pesona makan untuk sarapan maupun makan siang.

6. Tahu Bacem dan Tempe Mendoan

Tahu Bacem. (Foto: Kemenparekraf)

Sebagai salah satu makanan paling favorit di kota ini, tahu bacem dan tempe mendoan bisa menjadi cemilan yang sempurna untuk Anda! Tahu bacem adalah tahu yang direndam dalam berbagai bumbu-bumbu istimewa dan kemudian perlahan direbus sehingga membuat tahunya menjadi penuh citarasa. Setelah itu, tahu pun digoreng hingga berubah warna menjadi emas kecoklatan.

Nah sementara tempe mendoan adalah tempe diiris tipis yang digoreng dengan tepung dan seringkali disajikan dengan mencelupkannya ke kecap manis dan sedikit potongan cabe rawit. Kalau ingin mencoba, Sobat Pesona bisa mencicipi kudapan lezat ini di Restoran Stupa sambil memilih ragam kuliner istimewa yang lain dari menu mereka!

Suasana Restoran Stupa sangat sempurna untuk makan malam yang santai dengan lampu-lampu temaram yang indah dan tempat terbuka yang menghadap ke pemandangan alam yang mempesona.

7. Es Pleret

Es Pleret. (Foto: Kemenparekraf)

Minuman istimewa ini hanya bisa Anda temukan di Jawa Tengah, rasanya begitu menyegarkan sehingga bisa membantu Sobat Pesona tetap bersemangat melalui aktivitas seharian. Rasakan kesejukan minuman istimewa yang dibuat dari tepung beras dan pati yang diproses dan dibentuk menjadi potongan-potongan kecil. Pleret ini kemudian dicampur dengan larutan gula aren, santan dan es serut. Minuman yang sangat enak untuk menyegarkan dahaga di tengah hari yang terik.

8. Es Krim Mahkota
Toko ini sangat legendaris sejak didirikan di tahun 1945. Toko Es Krim Mahkota selalu penuh pembeli yang ingin merasakan es krimnya yang terkenal sangat enak, seperti Es krim rotinya yang berwarna-warni. Cocok sekali untuk melegakan tenggorokan di setelah seharian beraktivitas. Karena memang tempatnya sangat terkenal maka siap-siap mengantri ya.

9. Wedang Kacang

Wedang Kacang: Foto: dondendron via Kemenparekraf)

Minuman yang hangat, manis dan enak sangat cocok untuk hari-hari berhujan yang dingin maupun sebagai teman minum sambil memandangi matahari terbenam. Wedang Kacang ini adalah makanan penutup terbaik bagi Anda yang menggemari makanan manis. Teksturnya juga unik karena di dalamnya ditambahkan bola-bola dari kue beras. Minuman ini bahan utamanya adalah kacang polong yang direbus bersama gula merah dan gula batu. Semua bahan direbus cukup lama dan menghasilkan rasa minuman yang lezat dengan kuah berwarna coklat kemerahan. Wedang Kacang ini biasanya disajikan dengan wajik.

Memang makanan-makanan di Magelang sangat menggugah selera, apalagi suasana di sekitar kota Magelang sangat sejuk dan nyaman sehingga Anda pasti ingin mencicipi lebih banyak makanan lagi. Jadi, jangan lupa kuliner ini saat berkunjung ke Kota Magelang!(nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar