Tanpa Qualcomm, Samsung akan Melengkapi Semua Model Galaxy Tab S10 dengan Chip MediaTek

Prosesor seri Galaxy Tab S10 Dimensity 9300+. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Beberapa hari yang lalu, rumor mengisyaratkan bahwa beberapa model Galaxy Tab S10 mungkin menampilkan prosesor MediaTek. Kini, tampaknya Samsung mengambil langkah lebih tegas dengan membekali semua tablet kelas atas yang akan datang di lini Tab S10 dengan chip MediaTek 9300+.


Dikutip dari Gizmochina, Selasa 923/7/2024), berita ini datang dari pembocor terpercaya Ice Universe, yang mengklaim semua varian Galaxy Tab S10 akan membuang prosesor Qualcomm Snapdragon. Awalnya ada rumor bahwa satu model di lini Tab S10 mungkin menggunakan chip MediaTek Dimensity, namun ini merupakan perubahan strategi total bagi Samsung. Peluncuran tablet ini kabarnya dijadwalkan pada Oktober 2024.

Jika keputusan tersebut berhasil, kemungkinan besar didorong oleh berbagai faktor. Salah satu alasan utamanya adalah meningkatnya harga prosesor kelas atas Qualcomm dalam beberapa tahun terakhir. Beralih ke MediaTek bisa menjadi langkah penghematan biaya strategis bagi Samsung yang memungkinkan mereka menetapkan harga yang lebih kompetitif untuk seri Tab S10.

Varian AS dari Galaxy Tab S10+ juga terlihat di database Geekbench dengan prosesor Dimensity 9300+ tersebut. Ini adalah penawaran andalan MediaTek saat ini, dibangun pada proses 4nm, dan menawarkan delapan inti CPU berkinerja tinggi serta GPU yang kuat.


Berikut spesifikasi teknis Dimensity 9300+:

– CPU: 1x inti Cortex-X4 @ 3,4GHz, 3x inti Cortex-X4 @ 2,85GHz, 4x inti Cortex-A720 @ 2GHz
– GPU: ARM Immortalis-G720 MC12
– Dukungan Layar: 4K @ 120Hz dengan game HDR
– Dukungan Memori: DRAM LPDDR5X/LPDDR5T dan penyimpanan UFS 4.0
– Konektivitas: mmWave & sub-6GHz 5G, Wi-Fi 7, Bluetooth 5.4, NFC, USB Type-C
– Penentuan posisi: GPS tri-band, BDS quad-band, Galileo tri-band, QZSS dual-band, GLONASS, NavIC
– ISP Kamera: Mendukung sensor hingga 320MP, perekaman video 8K 30fps, atau 4K 60fps

Masih harus dilihat apakah peralihan total ke MediaTek ini terbukti bermanfaat bagi Samsung dan konsumennya. Dengan peluncuran resminya yang masih beberapa bulan lagi, akan menarik untuk melihat bagaimana kinerja seri Tab S10 dan memposisikan dirinya dalam pasar tablet yang kompetitif. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *