Tanggal Rilis Steam Deck 2: Valve Konfirmasi Peluncuran 2025 atau Lebih Baru, Tetapi Gamer Mungkin Harus Menunggu Lebih Lama

Steam Deck 2. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Popularitas konsol game genggam semakin meningkat setiap harinya. Hal ini telah menarik perhatian produsen, dan saat ini kita melihat lebih banyak konsol genggam dibandingkan sebelumnya. Diantaranya, rilis terbaru yang paling mengejutkan tidak diragukan lagi adalah Steam Deck. Sejak diumumkan, produk ini dengan cepat menarik minat para gamer dan tentunya menjadi salah satu produk terpopuler belakangan ini.


Dilansir dari Gizmochina, Rabu (27/9/2023), kini, dengan kemajuan teknologi dan meningkatnya persaingan, muncul pertanyaan baru. Kapan Steam Deck 2 yang lebih bertenaga akan dirilis? Baru-baru ini, seorang pejabat Valve memberikan tanggal rilis untuk perangkat genggam yang ditunggu-tunggu tersebut.

Selama bertahun-tahun, Valve ingin menjadi bagian dari pasar perangkat keras. Setelah beberapa kali gagal, mereka akhirnya menemukan apa yang mereka cari dengan Steam Deck. Menurut firma riset Omdia, Steam Deck terjual 1,62 juta unit pada tahun 2022. Laporan mereka memperkirakan bahwa pada tahun 2023, penjualan Steam Deck akan melampaui 3 juta unit sejak diluncurkan.


Apalagi ini hanya perkiraan saja, artinya perangkat genggam tersebut bisa terjual hingga 5 atau bahkan 10 juta unit pada tahun 2023 saja. Senang dengan popularitas dan penjualan ini, Valve telah mengonfirmasi bahwa akan ada Steam Deck 2. Jangan terlalu bersemangat dulu. Karyawan Valve Pierre-Loup Griffais, yang mengonfirmasi Steam Deck 2, telah mengisyaratkan bahwa kita mungkin tidak akan melihat Deck 2 hingga tahun 2025 atau bahkan 2026.

Dia mengutip ambisi perusahaan untuk mencapai peningkatan kinerja yang besar tanpa mengorbankan masa pakai baterai secara signifikan. Seperti yang Anda ketahui, masa pakai baterai adalah salah satu tantangan terbesar bagi konsol genggam, tidak terkecuali Steam Deck. Dalam sebuah wawancara, Griffais berkomentar bahwa dia tidak memperkirakan kemajuan signifikan dalam teknologi baterai akan terjadi dalam beberapa tahun ke depan.


Tentu saja, bukan berarti performa Steam Deck saat ini sudah memadai. Meskipun perangkat genggam cukup populer, beberapa pengguna mengeluhkan masalah kinerja pada game tertentu. Selain itu, ukuran perangkat yang besar membuat tidak nyaman untuk dipegang dalam waktu lama. Steam Deck 2 yang potensial mungkin dapat mengatasi masalah ini dengan perangkat keras yang lebih baik dan desain yang lebih ergonomis.

Namun, model baru mungkin juga hadir dengan banderol harga yang lebih tinggi. Meskipun demikian, semua ini hanyalah spekulasi saya, dan Steam mungkin akan memberikan kejutan tak terduga dalam waktu dekat. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *