Tanda Rumah Tangga Sudah Tidak Sehat

Tanda rumah tangga sudah sudah sehat. (Foto: educaloi)

Sukoharjonews.com – Setiap pasangan suami istri tentu ingin memiliki hubungan pernikahan yang sehat dan bisa berkomunikasi dengan baik. Sayangnya, seringkali ada beberapa masalah yang mungkin sulit dihindari dan terus terjadi. Jika tidak segera dibicarakan dan dicari jalan keluarnya, hal seperti ini lama-kelamaan bisa membuat hubungan pernikahan jadi tidak sehat.

Yang terjadi, seringkali hubungan pernikahan yang tidak sehat justru tak disadari sudah dimiliki oleh pasangan suami istri. Dikutip dari Parenting, pada Rabu (25/10/2023), berikut tanda-tanda rumah tangga sudah tidak sehat:

1. Kecurigaan Meningkat
Mengecek ponsel pasangan diam-diam, meragukan kebenaran akan ke mana dia pergi adalah salah satu tanda bahwa rasa curiga Anda padanya meningkat. Hal ini bisa saja terjadi karena kepercayaan yang rusak setelah mendapati pasangan berkhianat atau berbohong.

Meningkatnya kecurigaan mengisyaratkan kurangnya kepercayaan. Hal ini dapat mengikis keintiman emosional dan membuat Anda stres. Anda akan selalu disibukkan dengan bertanya-tanya, khawatir, dan selalu mencari tahu.

2. Sering Merasa Tidak Dipahami
Cita-cita seseorang adalah dipahami oleh pasangannya. Ketika Anda merasa didengar namun tidak didengarkan, ini adalah masalah. Hal ini bisa menjadi kronis. Merasa tidak dipahami akan membuat kedekatan emosional Anda dengan pasangan terganggu.

3. Komunikasi Berubah Singkat
Bila Anda hanya berkomunikasi singkat dengan pasangan, tentu ini adalah tanda kartu merah di dalam hubungan Anda. Anda dan pasangan bisa saja hanya membahas hal penting seperti tagihan, masalah sekolah anak, atau anak sakit tanpa berbagi cerita tentang kehidupan masing-masing. Hal ini membuat Anda dan suami terlihat seperti penghuni satu rumah saja alih-alih sebagai pasangan.

4. Merasa Tidak Mengenal Pasangan Lagi
Tak hanya merasa tidak dipahami, sebaliknya, merasa tidak mengenali pasangan Anda dengan baik lagi adalah tanda hubungan rumah tangga Anda sedang tidak sehat.

Hal ini sering kali dapat menciptakan gesekan di antara pasangan dan memunculkan perasaan seolah-olah sedang berada dalam hubungan dengan orang asing.

5. Anda Menutup Diri
Pasangan yang harmonis berbagi detail kehidupan sehari-hari. Namun, bila Anda mendapati diri menutup diri secara teratur dan menyimpan hal-hal bermakna bagi diri sendiri, ini adalah tanda masalah. Anda menyimpannya dengan sengaja karena tidak ingin pasangan tahu.

Demikian beberapa tanda hubungan pernikahan tidak sehat yang bisa menjadi masalah jika didiamkan terus-menerus. Supaya tidak kunjung memburuk, bicarakan dengan pasangan sesegera mungkin, jika perlu libatkan juga pakar profesional sebagai mediator.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar