Tanda Kekurangan Vitamin D yang Mengkhawatirkan

Tanda kekruangan vitamin D.(Foto: blibli)

Sukoharjonews.com – Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak yang penting untuk kesehatan. Vitamin ini menjaga tulang tetap kuat, dapat meningkatkan kesehatan mental, dan membantu Anda tidur. Kekurangan vitamin D telah menjadi lebih umum selama beberapa tahun terakhir. Pusat Kesehatan Universitas terkadang melakukan pemeriksaan kondisi ini pada pasien yang mengalami kelelahan, gejala depresi, dan masalah tulang.


Dikutip dari Healthsots, pada Kamis (12/9/2024), berikut tanda kekurangan vitamin D yang mengkhawatirkan:

1. Rambut rontok
Apakah Anda mengalami kerontokan rambut lebih banyak dari biasanya? Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin D memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kerontokan rambut. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Dermatology and Therapy menemukan bahwa orang yang kekurangan vitamin D lebih mungkin mengalami alopecia areata, yaitu penyakit autoimun yang ditandai dengan kerontokan rambut yang parah.

2. Kenaikan berat badan
Bertambahnya berat badan bisa jadi merupakan tanda kekurangan vitamin D. Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang memiliki kadar vitamin D rendah memiliki risiko lebih tinggi untuk bertambah berat badan. Obesitas dan kekurangan vitamin D merupakan masalah kesehatan yang umum, terutama di kalangan anak-anak. Mendapatkan paparan sinar matahari, mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D, dan menyertakan suplemen dalam makanan Anda dapat membantu.


3. Sakit tulang dan punggung
Vitamin D merupakan salah satu nutrisi terpenting yang membantu tubuh menyerap kalsium. Seseorang yang kekurangan vitamin D dalam sistem tubuhnya dapat mengalami nyeri pada tulang atau punggung bagian bawah. Sebuah tinjauan tahun 2018 yang diterbitkan dalam Public Health Nutrition menemukan bahwa orang dengan kekurangan vitamin D mengalami radang sendi, nyeri otot, dan nyeri kronis.

4. Penyembuhan luka terganggu
Jika Anda tidak sembuh secepat dulu, Anda mungkin kekurangan vitamin D. Penelitian telah menemukan bahwa kekurangan vitamin D dapat memperlambat penyembuhan luka. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Burns menemukan bahwa peningkatan konsumsi vitamin D dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Vitamin D juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menghindari infeksi.

5. Nyeri otot
Jika Anda mengalami nyeri otot yang lebih parah, bisa jadi Anda kekurangan vitamin D. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pain Medicine menemukan bahwa orang yang kekurangan vitamin ini 71 persen lebih mungkin menderita nyeri kronis. Penelitian juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen vitamin D mengalami lebih sedikit nyeri otot dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *