Tanda Jika Anda Kekurangan Kalsium

Tanda kekurangan kalsium. (Foto: bodywise)

Sukoharjonews.com – Kalsium adalah mineral penting bagi tubuh yang membantu membangun tulang dan gigi yang kuat. Kalsium juga diperlukan untuk berfungsinya jantung dan otot lain di dalam tubuh. Kekurangan kalsium dapat menunjukkan gejala ringan pada tubuh yang dapat menyebabkan masalah serius seperti osteoporosis, osteopenia, dan hipokalsemia.


Faktor yang lebih mungkin dari kekurangan kalsium adalah intoleransi makanan terhadap makanan kaya kalsium, faktor genetik, dan perubahan hormonal. Oleh karena itu, mengutip dari Web News Observer, pada Selasa (21/3/2023), berikut adalah tanda-tanda jika Anda kekurangan kalsium:

1. Masalah kuku dan gigi
Kekurangan kalsium dalam tubuh dapat dengan mudah diperiksa dengan kemerahan pada kuku. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan masalah kulit dan masalah kuku seperti kulit kering, kuku kering dan rapuh, rambut kasar, eksim, radang kulit, kulit gatal, dan psoriasis. Karena kalsium penting untuk kesehatan gigi yang baik, kekurangannya dapat menyebabkan masalah seperti kerusakan gigi, gigi rapuh, gusi yang teriritasi, dan akar gigi yang lemah. Ketika tubuh kekurangan kalsium yang cukup, ia menariknya dari gigi.


2. Masalah otot
Ketika kekurangan kalsium menyerang tubuh, itu dapat menyebabkan nyeri otot, kram, dan kejang. Pada gerakan tubuh, nyeri otot dapat timbul pada bagian seperti lengan dan paha. Tanda kekurangan kalsium lainnya adalah mati rasa dan kesemutan di tangan, lengan, kaki, betis, dan sekitar mulut. Beberapa orang mencoba mengabaikan gejalanya dengan melakukan aktivitas fisik seperti berjalan, berlari, dan berolahraga. Tapi mereka tidak hilang dengan kegiatan seperti itu. Rasa sakit terus berlanjut dan dapat meningkat saat kekurangan semakin intens.

3. Kemungkinan kelelahan
Selain meningkatkan kekuatan tulang dan gigi, kalsium juga memberikan energi bagi tubuh. Karenanya, kadar kalsium yang rendah dalam tubuh dapat menyebabkan kelelahan yang ekstrem dan membuat Anda merasa lesu sepanjang waktu. Kondisi ini dapat memburuk dan dapat menyebabkan insomnia. Ketika kekurangan kalsium adalah penyebab kelelahan, kondisi seperti pusing, pusing, dan kabut otak dapat muncul yang dapat menyebabkan kurangnya fokus, pelupa, dan kebingungan di otak.


4. Osteopenia dan osteoporosis
Tulang berfungsi untuk menyimpan kalsium karena mereka membutuhkan kalsium tingkat tinggi agar tetap kuat. Ketika tubuh kekurangan mineral penting ini, tubuh dapat mengalihkan kalsium dari tulang, membuatnya rapuh dan rentan terhadap cedera. Ini juga membuat tulang lebih lemah. Kekurangan kalsium jangka panjang dalam tubuh dapat menyebabkan kondisi yang disebut osteopenia, penurunan kepadatan mineral dalam tulang. Osteopenia selanjutnya dapat menyebabkan osteoporosis, menyebabkan tulang menjadi tipis dan rentan terhadap patah tulang.
Untuk mengatasi kekurangan kalsium, seseorang harus mengonsumsi makanan kaya kalsium dalam pola makan rutinnya. Beberapa makanan kaya kalsium adalah kedelai, jeruk, buah ara kering, kangkung, brokoli, salmon, sarden, yogurt rendah lemak, susu rendah lemak. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *