Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Tanaman Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

tanaman bantu turunkan kolestrol.(Foto: plantura)

Sukoharjonews.com – Kolesterol tinggi merupakan menjadi biang kerok penyebab beberapa penyakit kronis, seperti gagal jantung, hipertensi hingga diabetes. Adapun pemicunya beragam, yakni dari gaya hidup tidak baik. Namun, kita bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita dengan menghindari penyebab timbulnya kolesterol juga dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.


Dikutip dari Nutrive, pada Kamis (24/10/2024), berikut tanaman yang bantu turunkan kolesterol:

1. Hawthorn
Hawthorn adalah tanaman yang mana daun, buah, dan bunganya bisa diandalkan untuk mengatasi masalah jantung sejak Kekaisaran Romawi. Beberapa penelitian menemukan bahwa Hawthorn efektif untuk masalah gagal jantung yang lebih ringan. Hawthorn dapat membantu meningkatkan jumlah darah yang dipompa keluar dari jantung selama kontraksi, memperlebar pembuluh darah, dan meningkatkan transmisi sinyal saraf.

2. Guggulipid
Berasal dari getah pohon mukul, Guggulipid telah digunakan dalam pengobatan ayurveda tradisional sejak lebih dari 2.000 tahun lalu di India. Studi klinis di India membuktikan bahwa Guggulipid menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL dalam darah. Namun uji klinis di Amerika Serikat menganggap Guggulipid tidak bisa dikategorikan sebagai agen herbal penurun kolesterol, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya.


3. Biji Rami
Berasal dari tanaman rami, biji rami dan minyak biji rami mengandung asam alfa-linolenat (ALA) yang sangat tinggi. Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji rami dapat membantu menurunkan kolesterol, terlebih lagi untuk orang-orang penderita kolesterol tinggi dan wanita pascamenopause.

4. Bawang Putih
Beberapa studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan beberapa persen kadar kolesterol total, namun hanya dalam jangka waktu yang pendek. Selain itu, peneliti di Emory University School of Medicine menemukan bahwa komponen minyak bawang putih dapat membantu melindungi jantung setelah serangan jantung dan selama operasi jantung.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *