Tahukah Anda Bahwa Kulit Semangka Sangat Bergizi?

Manfaat kulit semangka untuk kesehatan.(Foto: liputan6)

Sukoharjonews.com – Meskipun bagian terbaik dari semangka adalah bagian merahnya yang berair, yang disukai sebagian besar dari kita, bagian putih semangka juga dapat dimakan. Kulit semangka merupakan lapisan luar semangka yang keras dan juga bisa dimakan. Warnanya hijau di luar, dan putih di dalam. Kulit buah ini bisa dimakan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari Healthshots, pada Sabtu (15/6/2024), berikut manfaat kulit semangka bagi kesehatan:

1. Kaya serat
Manfaat kulit semangka yang paling utama adalah mengandung banyak serat. Pola makan tinggi serat dapat membantu menjaga keteraturan buang air besar, dan mencegah banyak penyakit. Ini juga dapat membantu Anda tetap kenyang dan membantu penurunan berat badan . Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Food Technology and Biotechnology menganalisis kualitas pasta berserat tinggi yang dimasak dengan bubuk kulit semangka. Terlihat bahwa kandungan total serat pangan sampel bubuk kulit semangka jauh lebih tinggi dibandingkan pasta gandum durum. Penelitian tersebut juga menyatakan bahwa kulit semangka memiliki total serat makanan serta protein dan mineral dalam jumlah besar.

2. Membantu tekanan darah
Kulit semangka dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension menunjukkan bahwa kulit semangka bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah pasien obesitas. Ia juga dikenal sebagai diuretik, obat yang dapat meningkatkan kadar air dalam tubuh. Ini juga membantu dalam pengaturan tekanan darah.

3. Memberi dorongan untuk berolahraga
Konsumsi kulit semangka mungkin membantu Anda berolahraga lebih baik. Ini mengandung citrulline dan ini dapat membantu memberikan oksigen yang cukup ke otot Anda, dan juga meningkatkan kinerja olahraga Anda, kata penelitian ini, yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology .

4. Kaya vitamin dan mineral
Kulit semangka merupakan sumber sehat yang kaya akan banyak vitamin dan mineral. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Trends in Food Science and Technology , disebutkan bahwa kulit semangka mengandung potasium, kalsium, serta magnesium dan zat besi yang penting untuk nutrisi. Menurut penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of Biosystems , bubuk kulit semangka yang terbuat dari bagian kulit buah semangka yang berwarna hijau pucat memiliki jumlah protein paling banyak (19,74 persen), sedangkan jumlah serat tertinggi (13,35 persen) berasal dari bagian gelap. kulit semangka yang berwarna hijau.

5. Membantu performa seksual
Kulit semangka mengandung asam amino yang disebut citrulline. Hal ini dapat membantu meningkatkan ereksi tanpa menggunakan Viagra, kata penelitian ini, yang diterbitkan di Urology . Ini juga membantu meningkatkan kualitas air mani dan testosteron, menurut penelitian yang dipublikasikan di JBRA Assisted Reproduction.

Efek samping dari kulit semangka
Meskipun kulit semangka sangat menyehatkan, tidak ada gunanya jika berlebihan. Mengonsumsi semangka terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pencernaan, kembung, dan gas. Selain itu, rasa kulit semangka mungkin tidak sebagus buahnya, karena tidak terlalu berair, namun Anda bisa menambahkannya ke resep untuk mendapatkan rasa yang lebih enak.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar