Tahapan Kampanye Dimulai, Diawali Deklarasi Kampanye Damai Oleh KPU

Hari pertama masa Kampanye Pilkada diisi dengan Deklarasi Kampanye Damai oleh KPU Sukoharjo, Sabtu (26/9/2020).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Kampanye Pilkada Sukoharjo secara resmi dimulai per 26 September hari ini. Hari pertama kampanye diawali dengan Deklarasi Kampanye Damai dan juga Deklarasi Patuh Protokol Kesehatan di halaman Kantor KPU Sukoharjo, Sabtu (26/9/2020)). Hadir dalam kegiatan tersebut dua paslon, masing-masing Etik Suryani-Agus Santosa (EA), paslon Joko Santosa-Wiwaha Aji Santosa (Joswi) serta pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).



“Tahapan kampanye mulai 26 September hingga 5 Desember. Hari pertama kampanye dengan Deklarasi Kampanye Damai dan meneguhkan komitmen selama kampanye melaksanakan protokol kesehatan yang jadi syarat wajib dilanjutkannya Pilkada,” jelas Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda.

Nuril melanjukan, KPU mengajak semua elemen penyelenggara Pilkada, peserta Pilkada serta masyarakat untuk ikut berperan. Pasalnya, Pilkada jadi ikhtiar memilih pemimpin yang nantinya membawa kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Sukoharjo. Menurutnya, deklarasi kampanye damai bukan hanya formalitas saja, tapi komitmen untuk bergerak dan melaksanakan kampanye sesuai aturan perundangan dan menjalankan protokol kesehatan.

Deklarasi kampanye damai serta taat protokol kesehatan dilakukan oleh dua paslon dan ketua tim pemenangan masing-masing dengan dipimpin oleh KPU dan pembawa acara. Sedangkan Kapolres AKBP Bambang Yugo Pamungkas mengatakan, Pilkada pada tahap kampanye ini sedikit berbeda dengan situasi dan kondisi tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, kampanye saat ini masih pandemi corona dimana pelaksanaan Pilkada harus berjalan dengan tetap melakukan pencegahan penyebaran corona.

“Protokol kesehatan jadi kepatuhan bersama, baik aparat pengamanan, dua paslon dan seluruh pendukung paslon yang berkontestasi,” ujarnya.

Sementara itu, dua paslon usai acara menyatakan komitmennya untuk melaksanakan kampanye secara damai dan juga taat pada protokol kesehatan. Hanya saja, dalam pantauan di lokasi, puluhan pendukung paslon nomor 2 terlihat datang ke acara tersebut meski tidak masuk ke halaman Kantor KPU. Padahal, KPU sendiri sebelumnya sudah melarang paslon untuk membawa massa. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *