Surat Suara Pemilu Belum Klir, KPU Mulai Khawatir

Proses sortir dan lipat surat suara pemilu di Gedung Budi Saosono. Hingga saat ini belum semua surat suara pemilu diterima KPU Sukoharjo.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pemilu tinggal 21 hari lagi, namun hingga kini logistik yang diterima KPU Sukoharjo utamanya surat suara belum klir. Artinya, masih ada kekurangan surat suara yang belum dikirim oleh rekanan pencetak surat suara. Saat ini, surat suara yang belum diterima adalah surat suara untuk pemilihan anggota DPRD kabupaten. Terkait hal itu, KPU Sukoharjo mulai khawatir.


“Sebagian besar logistik khususnya surat suara memang sudah kami terima, namun masih ada kekurangan untuk DPRD kabupaten, belum lagi surat suara lain yang rusak dan belum diganti,” tegas Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda, Selasa (26/3).

Soal logistik khususnya surat suara, ujar Nuril, situasi saat ini memang agak mengkhawatirkan. Pasalnya, hingga saat ini belum semua surat suara diterima KPU Sukoharjo. Padahal, masih ada proses sortir dan lipat sehingga masih akan ditemukan kerusakan surat suara dan memerlukan penggantian. Belum diterimanya semua surat suara membuat persiapan makin mepet.

Menyikapi situasi tersebut, Nuril mengaku dalam waktu dekat juga akan melakukan upaya untuk menanyakan langsung ke bagian percetakan yang mencetak surat suara. Meskipun beberapa waktu lalu Bawaslu Kabupaten Sukoharjo juga sudah ke bagian percetakan di Bandung.

“Rencananya, tanggal 6 April maksimal itu kami sudah harus distribusi surat suara ke seluruh PPK. Jadi kalau agenda itu terkendala alias mundur karena persoalan surat suara yang kurang, akan berdampak,” tandasnya.

Meski begitu, Nuril mengaku tetap optimistis seluruh logistik khususnya surat suara yang dibutuhkan akan segera terkirim. Sehingga, proses pendistribusian ke PPK dapat berjalan lancar. Termasuk pada saat pelaksanaan pemilu. Terkait dengan surat suara yang telah diterima KPU, yaitu surat suara untuk DPR RI dan Provinsi sudah dilakukan penyortiran dan pelipatan di Gedung Budi Saono. (erlano putra)


Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar