Sukoharjo Masuk Nominasi Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat verifikasi secara virtual bersama tim penilai Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya, Selasa (6/4/2021).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Kabupaten Sukoharjo masuk nominasi untuk Penghargaan Parahita Ekapraya 2021. Penghargaan dibidang kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak tersebut digelar oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Proses veririkasi secara virtual sendiri dilakukan di Lantai 10 Gedung Menara Wijaya, Selasa (6/4/2021).



Dalam kesempatan itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyampaikan, selama ini sudah berbagai upaya dilakukan untuk percepatan implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) di Sukoharjo. Salah satunya yaitu melalui dukungan regulasi, yaitu berupa Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) PUG Tahun 2021 dan Pembuatan Rancangan Aksi Daerah PUG yang sudah dianggarkan di APBD Sukoharjo Tahun 2021.

“Pada tahun 2021 ini akan dilaksanakan pelatihan Perencanaan Penganggaran Berbasis Gender (PPBG) untuk seluruh Perangkat Daerah dan kecamatan se-Kabupaten Sukoharjo,” ungkap Bupati.

Dikatakan Bupati, Pemkab Sukoharjo secara rutin setiap tahun menganggarkan dan melaksanakan kegiatan untuk peningkatan peran perempuan. Antara lain pelatihan bagi perempuan di bidang politik, program pelatihan dalam rangka peningkatan ekonomi perempuan dan pertemuaan koordinasi dengan organisasi wanita se-Kabupaten Sukoharjo.

Saat ini, lanjut Bupati, Sukoharjo sudah ada beberapa perempuan yang menjadi Kepala OPD, anggota DPRD, camat dan bahkah Bupati Sukoharjo sekarang ini adalah seorang perempuan. “Artinya bahwa peran kaum perempuan di Sukoharjo sekarang ini sudah pantas disejajarkan dengan kaum laki-laki,” jelas Bupati.

Bupati menambahkan, dalam rangka optimalisasi pemberdayaan perempuan untuk meningkatkan perekonomian ditengah pandemi corona, Pemkab Sukoharjo melalui Dinas PPKB dan P3A bekerjasama dengan Pemprov Jawa Tengah telah melakukan kegiatan pembuatan hand sanitizer, masker dan face shield. Kegiatan itumelibatkan kelompok perempuan se-Sukoharjo.

Bupati berharap dengan berbagai program pemberdayaan perempuan tersebut, dapat menjadi nilai tambah dalam penilaian sehingga mampu mengantarkan Kabupaten Sukoharjo meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *