Sukoharjo Expo 2024 Diikuti 165 Stan, Promosikan Produk UMKM Lokal

Suasana Sukoharjo Expo 2024 di GP3D.

Sukoharjonews.com – Sukoharjo Expo 2024 resmi dibuka. Expo digelar di Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D) dan dibuka oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Rabu (3/7/2024) malam. Sukoharjo Expo 2024 diikuti 165 stan. Expo digelar dalam upaya mempromosikan produk UMKM lokal.


Kepala Dinas Koperasi, UMK, dan Perdagangan (Diskopumdag) Sukoharjo, Iwan Setiyono, mengatakan, Sukoharjo Expo 2024 merupakan rangkaian acara menyambut Harlah Kabupaten Sukoharjo Ke-78. Expo sendiri digelar selama lima hari, 3-7 Juli 2024.

“Sukoharjo Expo 2024 ini diikuti 165 stan, baik dari UMKM lokal, stan pemerintah, maupun stan sejumlah daerah dari luar Sukoharjo,” ujar Iwan.

Iwan mengatakan, dengan expo tersebut diharapkan produk UMKM lokal dapat dipromosikan sehingga makin dikenal masyarakat secara luas. Harapannya, UMKM di Kabupaten Sukoharjo semakin maju.

Sedangkan Bupati Etik Suryani, menyampaikan Sukoharjo merupakan kabupaten terkecil kedua di Provinsi Jawa Tengah yang dikenal dengan julukan “Kota Jamu”. Hal ini, karena Sukoharjo memiliki potensi dan komoditas jamu yang luar bisa, mulai dari banyaknya penjual jamu di lokal Sukoharjo dan yang merantau ke daerah lain untuk berjualan jamu.


“Sukoharjo juga memiliki pasar jamu yang sudah banyak dikenal orang yaitu Pasar Jamu Nguter,” ujarnya.

Dikatakan Etik, produk–produk unggulan Kabupaten Sukoharjo cukup membanggakan antara lain mebel kayu, mebel rotan, batik, kaca grafir, tatah sungging, gitar, gamelan, shuttlecock, jamu tradisional, lurik dan sarung goyor.

“Sukoharjo Expo ini 2024 cukup strategis untuk mempromosikan produk unggulan daerah serta menumbuhkan rasa bangga akan produk unggulan dalam negeri yang berkualitas,” ujarnya.

“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti pada saat Sukoharjo Expo 2024 ini, tetapi justru terus berlanjut memberikan dampak positif bagi pengembangan produk unggulan daerah sehingga dapat memberikan kontribusi bagi kemandirian ekonomi dan kesejahteran rakyat,” sambungnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *