Suka Makan Kimchi? Simak Manfaat dan Efek Samping Konsumsi Kimchi Disini!

Manfaat dan efek samping kimchi. (Foto: lottemart)

Sukoharjonews.com – Orang-orang menyukai masakan Korea karena berbagai alasan, namun salah satu yang paling populer adalah kimchi, yang memiliki rasa yang kaya dan tekstur yang renyah. Kimchi merupakan lauk populer dan lezat yang biasa dikonsumsi di Korea. Tidak hanya rasanya yang luar biasa lezat, tetapi juga menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak heran mengapa ini menjadi semakin populer di seluruh dunia.

Hidangan tradisional Korea ini terbuat dari sayuran yang difermentasi seperti daun bawang, kubis, dan lobak, serta bahan lain seperti gula, garam, bawang merah, jahe, bawang putih, dan cabai. Karena beberapa sayuran ini bersifat musiman, orang Korea mengawetkan makanan mereka sehingga mereka bisa mendapatkan kimchi sepanjang tahun. Proses fermentasi memberi kimchi aroma dan rasa yang berbeda, dan juga bermanfaat bagi kesehatan Anda. Dikutip dari Healthshots, pada Sabtu (20/1/2024), berikut manfaat dan efek ssmping dari mengonsumsi kimchi.

Apa manfaat mengkonsumsi kimchi?
Kimchi mengandung berbagai vitamin seperti A, B, dan C, serta mineral seperti zat besi dan kalsium, yang berkontribusi terhadap nilai gizi secara keseluruhan. Jadi, hidangan fermentasi tradisional Korea ini menawarkan beberapa manfaat kesehatan.

1. Membantu pencernaan
Kimchi kaya akan bakteri menguntungkan (probiotik) yang meningkatkan mikrobioma usus yang sehat, membantu pencernaan dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

2. Membantu penurunan berat badan
Kimchi biasanya rendah kalori, menjadikannya tambahan makanan yang sehat bagi mereka yang memperhatikan asupan kalorinya. Mengonsumsi makanan fermentasi seperti kimchi mungkin dikaitkan dengan pengelolaan berat badan dan penurunan risiko obesitas.

3. Melawan peradangan
Bahan-bahan dalam kimchi , seperti bawang putih, jahe, dan cabai, kaya akan antioksidan, yang membantu melawan stres oksidatif dan peradangan.

4. Manfaat fermentasi
Proses fermentasi meningkatkan bioavailabilitas nutrisi sehingga lebih mudah diserap tubuh.

Ingat, meskipun kimchi memiliki banyak manfaat kesehatan, namun konsumsi secukupnya adalah kuncinya karena kandungan natriumnya yang tinggi.

Apa efek samping dari kimchi?
Kimchi memiliki berbagai manfaat kesehatan, namun mungkin memiliki beberapa efek samping bagi individu tertentu.

1. Kandungan natrium yang tinggi
Kimchi sering kali mengandung natrium tinggi, yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Individu, terutama penderita hipertensi, sebaiknya mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

2. Bahan pedas
Sifat pedas pada kimchi mungkin tidak cocok untuk individu dengan perut sensitif atau mereka yang mengalami refluks asam.

3. Gas fermentasi
Beberapa orang mungkin mengalami kembung atau gas akibat proses fermentasi yang menghasilkan gas seperti karbon dioksida. Hal ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi individu yang memiliki masalah pencernaan.

4. Kandungan histamin
Makanan fermentasi seperti kimchi mengandung histamin, yang dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang atau memperburuk gejala pada mereka yang memiliki intoleransi histamin.

5. Potensi alergen
Bahan-bahan seperti kerang atau kecap ikan yang digunakan dalam beberapa resep kimchi dapat menimbulkan risiko alergen bagi individu dengan alergi tertentu.

Apakah kimchi memperbaiki kulit?
Antioksidan dalam kimchi dapat berkontribusi pada peningkatan kesehatan kulit, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui hubungan langsungnya.

Seperti halnya makanan apa pun, penting untuk memperhatikan kepekaan individu dan berkonsultasi dengan ahli kesehatan jika Anda memiliki kekhawatiran atau kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar