Suka Konsumsi Paprika Merah? Simak Manfaatnya Berikut

Manfaat paprika merah. (Foto: the counter)

Sukoharjonews.com – Paprika merah sebetulnya adalah buah, tetapi mereka dikenal sebagai sayuran yang digunakan dalam berbagai hidangan karena rasanya yang ringan, manis, nan renyah. Saat matang, ia berubah menjadi merah cerah dengan inti di dalamnya mengandung banyak biji.


Paprika merah (juga dikenal sebagai paprika capsicum), yaitu makanan yang padat nutrisi, artinya mengandung banyak vitamin dan mineral, tidak mengandung lemak tidak sehat dan rendah kalori. Satu cangkir paprika merah cincang hanya memiliki 46 kalori dan 3 gram serat.

Dikutip dari Cleveland Clinic, yang dilansir dari beberapa sumber pada Rabu (7/6/2023), apa saja ya manfaat paprika untuk kesehatan? Mari simak ulasannya berikut ini:

1. Melindungi kesehatan otak
Paprika merah mengandung anthocyanin yaitu senyawa alami yang bertanggung jawab atas warna merahnya. Pigmen ini, ditemukan di banyak buah dan sayuran berwarna merah tua atau ungu, mungkin memiliki efek perlindungan pada sel otak. Penelitian menunjukkan bahwa anthocyanin dapat membantu memperlambat masalah ingatan dan gangguan kognitif seiring bertambahnya usia.

“Makan makanan yang kaya anthocyanin terkait dengan ingatan yang lebih baik pada orang dewasa yang lebih tua,” catat Whitson. “Tidak ada cara pasti untuk menghindari penurunan kognitif, tetapi makan paprika merah akan memberi otak Anda nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik.”


2. Jaga Kesehatan Usus Besar Anda
Orang dewasa harus mendapatkan 25 gram sampai 35 gram serat setiap hari, tetapi kebanyakan orang Amerika tidak. Diet tinggi serat memiliki banyak manfaat , termasuk membuat feses lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan.

“Paprika merah memiliki jumlah serat yang sangat baik dengan sedikit kalori, jadi ini cara yang bagus untuk menambah asupan serat Anda,” catat Whitson. “Serat membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit , dan bahkan dapat membantu mencegah kanker usus besar.”


3. Meringankan radang sendi
Tulang rawan adalah jaringan karet yang menutupi ujung tulang Anda dan mencegahnya saling bergesekan. Osteoarthritis (OA), jenis radang sendi yang paling umum, adalah hasil dari peradangan dan kerusakan tulang rawan.

Banyak orang mengembangkan OA dari keausan normal. Tapi nutrisi yang tepat, seperti yang ada di paprika merah, bisa membantu Anda meredakan nyeri sendi.

“Paprika merah mengandung banyak vitamin C, yang menyembuhkan dan meremajakan jaringan, termasuk tulang rawan,” jelas Whitson. “ Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C membantu mengurangi rasa sakit akibat radang sendi lutut. Paprika merah juga mengandung senyawa antiinflamasi, yang juga dapat membantu meredakan gejala OA.”


4. Membantu mencegah kanker
Paprika merah mengandung beta-cryptoxanthin, senyawa yang diubah tubuh Anda menjadi vitamin A. Beberapa penelitian menunjukkan makanan yang kaya beta-cryptoxanthin dapat membantu menurunkan risiko kanker kandung kemih , paru-paru , dan usus besar .

“Beta-cryptoxanthin adalah antioksidan, yang melindungi sel Anda dari perubahan yang dapat menyebabkan kanker,” kata Whitson. “Dan kita tahu bahwa orang yang makan beragam buah dan sayuran memiliki risiko kanker yang lebih rendah secara keseluruhan.”

Meskipun paprika merah memiliki beberapa nutrisi khusus untuk warna merahnya, semua paprika baik untuk Anda. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *