Startup Jepang Hidupkan Transformers dengan ARCHAX: Optimus Prime di Kehidupan Nyata

Optimus Prime vs ARCHAX. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Robot raksasa selalu menjadi tema dalam film seperti Transformers atau game seperti Titanfall hingga saat ini. Meskipun kecerdasan buatan dan teknologi robotik sudah cukup maju saat ini, belum ada produk sebesar itu yang tersedia.

Dilansir dari Gizmochina, Rabu (4/10/2023), Tsubame Industries, memanfaatkan kekuatan teknologi maju, telah mengembangkan kendaraan roda empat setinggi 4,5 meter (14,8 kaki) yang disebut ARCHAX dengan harga USD3 juta atau Rp46,7 miliaran.

Di dunia sekarang ini, jika Anda punya cukup uang, Anda bisa membeli hampir semua hal. Selain itu, jumlah barang yang dapat Anda beli terus meningkat. Tambahan terbaru dalam daftar ini adalah robot “transformator” bernama ARCHAX, yang dibuat oleh startup Jepang bernama Tsubame Industries.

ARCHAX dilengkapi kokpit dengan monitor yang menampilkan gambar dari kamera yang ditempatkan di bagian luar robot. Hal ini memungkinkan Anda untuk duduk dengan aman di dalam kokpit dan melawan musuh “jahat” Anda.

Pilot menggunakan joystick untuk mengendalikan lengan dan tangan robot. ARCHAX juga memiliki dua mode: “mode robot” tegak dan “mode kendaraan”, yang dapat melaju hingga 10 kilometer per jam. ARCHAX saat ini dijual seharga USD3 juta.

Startup ini berencana untuk membangun dan menjual lima mesin. Namun, CEO Tsubame Industries, Ryo Yoshida, juga berharap robot tersebut suatu hari nanti dapat digunakan untuk bantuan bencana atau dalam industri luar angkasa.

Tentu saja membeli ARCHAX tidak menyelesaikan semua masalah Anda. Tergantung pada peraturan negara Anda, membawa robot beroda ini ke ruang publik mungkin menimbulkan masalah bagi Anda. Namun jika Anda menganggap bahwa Anda telah menghabiskan $3 juta untuk membeli robot baru, ini mungkin bukan masalah yang signifikan. Kalau Optimus bisa, saya yakin ARCHAX juga bisa.

Terlepas dari leluconnya, masih terlalu dini untuk mengatakan bagaimana robot akan digunakan di masa depan. Namun, perkembangannya menunjukkan bahwa robot yang dikemudikan manusia kini menjadi lebih layak dan mungkin berdampak signifikan terhadap masyarakat di tahun-tahun mendatang.

Meski saat ini terlihat seperti mainan yang mahal, siapa tahu? Mungkin suatu hari nanti kita akan melihat robot-robot raksasa yang benar-benar menampilkan prestasi dan pertarungan superhero. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar