Snapdragon 8 Gen 3 dengan Pendinginan Lebih Baik Mengungguli Apple A18 Pro di Genshin Impact

Apple A18 Pro. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Apple dilaporkan telah menambahkan sistem termal graphene ke model iPhone 16 Pro yang membantu menghilangkan panas dengan lebih baik dan pada gilirannya, menawarkan kinerja yang lebih stabil.

Dikutip dari Gizmochina, Minggu (22/9/2024), Chipset A18 Pro juga lebih mumpuni dibandingkan chipset tahun lalu. Namun bagaimana kinerja dan stabilitasnya dibandingkan dengan perangkat Android unggulan dengan sistem pembuangan panas yang unggul?”

Untuk mengujinya, saluran YouTube ‘Geekerwan’ menjalankan Genshin Impact dan judul-judul berat serupa di iPhone 16 Pro Max, beberapa iPhone sebelumnya, dan beberapa ponsel andalan Android dengan chip Snapdragon 8 Gen 3 dan Dimensity 9300+ tahun lalu.

IPhone 16 Pro Max memperoleh keunggulan yang layak dibandingkan iPhone 15 Pro Max. Namun Red Magic 9S Pro yang diluncurkan pada Juli tahun ini dengan Snapdragon 8 Gen 3 berhasil mengungguli iPhone 16 Pro Max terbaru Apple dalam permainan. Penting untuk disebutkan bahwa Red Magic 9S Pro dilengkapi sistem pendingin aktif, yang kemungkinan memungkinkannya menggunakan lebih banyak daya.

A18 Pro yang dijalankan di iPhone 16 Pro Max mempertahankan framerate 55,5FPS di Genshin Impact, sedangkan unggulan Android yang ditenagai Snapdragon 8 Gen 3 menawarkan frame rate rata-rata 59,9fps. Meskipun perbedaannya mungkin tidak terlalu besar, gameplaynya jauh lebih stabil di Red Magic 9S Pro.

Menarik juga untuk melihat bahwa SoC yang sama yang mendukung iPhone 16 Pro yang lebih kecil hanya berhasil mencapai 49,5fps, dan menawarkan kinerja yang jauh lebih tidak stabil dibandingkan model yang lebih besar. Hal ini mungkin disebabkan oleh sistem pembuangan panas yang relatif lebih rendah pada model Pro.

Namun, ceritanya berbeda secara aneh dengan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, karena A18 yang dijalankan pada handset berukuran 6,1 inci yang lebih kecil memperoleh framerate yang lebih tinggi daripada saudaranya yang lebih besar yaitu 6,7 inci.

Khususnya, tidak semua perangkat Android dengan Snapdragon 8 Gen 3 memiliki performa yang sama. Xiaomi 14 Pro yang juga mengemas chip Snapdragon 8 Gen 3 hanya berhasil mencetak rata-rata frame rate 38,9fps. Hal ini juga mengisyaratkan perbedaan dalam sistem pembuangan panas dan penyetelan performa. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *