Simak, Yang Harus Dilakukan Setelah Makan Makanan Berminyak

Tips setelah makan makanan berminyak. (Foto: Pinterest)

Sukoharjonews.com – Makanan berminyak adalah sesuatu yang banyak dari kita tidak bisa tidak menghindarinya. Namun di samping itu jika memang tidak bisa menghindari atau mengurangi bisa untuk memperhatikan hal-hal yang perlu dilakukan setelah makan makanan yang berminyak agar menjadi sesuatu yang dapat menangkal segala masalah kesehatan yang akan datang ketika terlalu banyak makan makanan yang berminyak.

Dikutip dari NDTV Food, Jum’at (26/1/2024) inilah berbagai cara mudah yang bisa dilakukan setelah makan makanan yang berminyak:

• Air Hangat
Air atau hidrasi memang cara terbaik yang dilakukan setelah makan, tetapi setelah makan berlebihan yang berminyak, air hangat direkomendasikan karena membantu mempercepat pencernaan dan memudahkan sistem menangani makanan berat. Air hangat juga menghilangkan rasa berminyak.

• Teh Hijau
Teh Hijau adalah minuman enak lainnya setelah pesta. Selain air hangat, minuman kaya flavonoid ini menambahkan antioksidan yang akan membantu menyeimbangkan beban oksidatif (yang terjadi karena makanan berminyak) pada sistem pencernaan.

• Makanan Kaya Probiotik
Bakteri probiotik Lactobacillus dari makanan yang kaya probiotik seperti Yogurt akan mencegah gas dan juga akan mendukung pergerakan usus yang baik.

• Nikmati Sarapan Gandum Utuh Kaya Serat Keesokan Harinya
Gandum utuh juga mendukung rasa kenyang lebih awal dan pelepasan energi yang lambat dan stabil untuk jangka waktu yang lebih lama. Ini akan membantu tetap berenergi dan ukuran porsi tetap pada jalurnya.

• Makan Buah dan Sayuran
Buah-buahan dan sayuran menyediakan serat, vitamin dan mineral dan membantu memulihkan pencernaan yang lamban dan terbebani. Buah-buahan seperti peralatan rehidrasi padat. Mereka menyediakan cairan dan semua vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Miliki 2-3 porsi.

• Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Cara lain yang baik untuk memberikan perlindungan pada tubuh keesokan harinya adalah dengan mengonsumsi segenggam kecil kacang-kacangan dan biji-bijian kering. Konsumsilah kacang almond, kenari, dan biji chia sebagai camilan di sela-sela waktu makan.

• Jaga Makanan Berikutnya Ringan dan Mudah
Kombinasi karbohidrat dan protein yang mudah dicerna adalah yang dibutuhkan tubuh.

• Jangan langsung tidur setelah makan
Tunggu beberapa jam agar makanan dapat dicerna. Tidur berarti melambatnya proses pencernaan dan tidak mungkin untuk membiarkan semua makanan berminyak itu berada di usus dan berfermentasi.

• Jalan kaki minimal 30-40 menit
Olahraga membantu merangsang metabolisme dan juga membantu melancarkan pencernaan, tidak perlu jalan cepat, jalan santai saja sudah cukup. (wisnu-mg3/nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar