Simak Tips Hilangkan Karang Gigi Secara Alami di Rumah

tips hilangkan karang gigi. (Foto : iStock)

Sukoharjonews.com – Karang gigi seringkali dialami orang-orang. Karang atau disebut juga kalkulus atau tartar gigi terjadi karena adanya penumpukkan zat yang berkembang dari plak gigi disebabkan gula serta kuman pada makanan yang kita makan, lalu mengeras.


Dilansir dari American Dental Association , Rabu (9/8/2023)karang gigi jadi lebih sulit dibersihkan sehingga kita perlu ke dokter gigi untuk melakukan scaling gigi. Jika tidak dilakukan, karang gigi tidak cuma mengganggu penampilan, tapi juga bisa menyebabkan pembengkakan dan pendarahan pada garis gusi.

Namun selain dari penanganan dokter gigi, ada beberapa cara menghilangkan karang gigi di rumah secara alami. Berikut sederet hal yang bisa kamu lakukan.

1. Menyikat Gigi dengan Benar
Untuk menghentikan penumpukan plak, maka kamu harus mengetahui cara sikat gigi dengan benar. American Dental Association (ADA) menganjurkan sikat gigi 2 kali sehari masing-masing selama 2 menit dengan pasta gigi berflouride.

Cara menyikat gigi yang benar antara lain sapuan sikat harus pendek dan melingkar, dimulai dari menyikat bagian belakang mulut dan geraham atas, menyikat permukaan depan dan belakang gigi atas, kemudian ulangi langkah ini 1-3 kali pada gigi di rahang bawah.

2. Melakukan Flossing
Agar semakin efektif, ADA merekomendasikan untuk lakukan flossing sekali sehari. Dengan begitu, bagian gigi yang sulit dijangkau bisa dibersihkan sehingga plak makanan bisa hilang. Pasalnya, jika sisa makanan dan plak tidak dibersihkan, maka bisa menyebabkan bau mulut.


3. Gunakan Obat Kumur
Usai sikat gigi dan flossing, kumur dengan obat kumur. Mayoritas obat kumur mengandung fluoride yang dapat membersihkan plak. Namun perlu diperhatikan bagi penderita penyakit kuman ringan seperti radang gusi, kamu sebaiknya menghubungi dokter untuk menyediakan resep obat kumur antiseptik.

4. Konsumsi Teh Hijau
Selanjutnya, studi tahun 2016 Green Tea (Camellia Sinensis): Chemistry and Oral Health yang dilakukan oleh Zohaib Khurshid, dkk dari King Faisal University, Saudi Arabia, menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau bisa mengurangi jumlah bakteri di mulut penyebab timbulnya karang gigi.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *