Simak Sederet Sayuran ini Bikin Asam Urat Naik

Sayuran yang bikin asam urat naik. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com -Sayuran dan buah-buahan dikenal memiliki seribu manfaat yang penuh dengan kebaikan untuk tubuh manusia. Tetapi, tergantung dari kondisi kesehatan tubuh, mengonsumsi segala sayuran dan buah-buahan tidak selamanya baik.

Dilansir dari Everyday Health, Senin (24/7/2023), bagi penderita asam urat, wajib untuk menghindari beberapa jenis sayuran tertentu. Untuk mengetahui jenis sayurannya dan alasan mengapa harus dihindari, yuk, baca ulasannya berikut ini!

1. Bayam
Ketika asam urat sedang kambuh dan tidak terkendali, Beauties harus lebih berhati-hati memilih asupan makanan harian, termasuk sayuran. Salah satu sayuran yang sebaiknya dihindari saat asam urat naik menurut Lybrateadalah bayam.

Alasannya karena bayam mengandung senyawa kimia purin yang tinggi. Purin bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah, sehingga tidak baik untuk Beauties yang memiliki penyakit asam urat.

2. Asparagus
Sayuran yang biasanya dikonsumsi dengan steak atau daging panggang ini juga sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat. Mengutip dari Everyday Health, sama seperti bayam, asparagus juga memiliki kandungan purin yang tinggi.

Saat kondisi tubuh sedang normal, zat purin bisa dipecah dengan sempurna dan asam urat mudah diserap oleh darah. Tetapi, ketika asam urat berlebih atau memang sedang di atas normal, asam urat akan menumpuk dan membuat tubuh tambah nyeri terutama di bagian persendian.

3. Tomat
Sayuran yang satu ini meski tidak memiliki kandungan purin yang tinggi, tetapi bisa memicu kambuhnya asam urat dalam tubuh. Mengutip dari VeryWellHealth, tomat memiliki sedikit pemicu asam urat yaitu karena kandungan glutamat dan asam fenolik.

Pendapat mengenai tomat bisa memicu asam urat memang masih diperdebatkan. Tetapi, memang ada sebagian orang yang sensitif dengan tomat dan membuat kandungan asam urat meningkat.

4. Kembang Kol
Kembang kol yang enak untuk diolah menjadi capcay ini juga sebaiknya dihindari ketika kadar asam urat sedang tinggi. Kandungan purin yang tinggi dalam kembang kol inilah yang menjadi penyebabnya.

Mengutip dari Taylor and Francis Online, kandungan purin dalam kembang kol per-100 gramnya mencapai 42,6 mg dalam keadaan mentah dan 43,2 mg dalam keadaan matang. Sedangkan, untuk konsumsi batas normal asam urat adalah 400 mg/hari.

5. Kacang Polong
Sayuran terakhir yang harus dihindari saat asam urat sedang tidak terkendali, yaitu kacang polong. Sayuran ini juga termasuk ke dalam jenis yang memiliki kandungan purin menengah.

Maka dari itu untuk berjaga-jaga sebaiknya hindari mengonsumsi kacang polong atau mengurangi porsinya. Dikutip dari LiveStrong.com, kandungan purin dalam 100 gram kacang polong bisa mencapai 50-150 gram(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar