Simak Penuhi Kebutuhan Protein Anda dengan Sayuran Tinggi Protein

Sayuran tinggi protein.(Foto:Astro)

Sukoharjonews.com – Protein nabati bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot, tulang, serta kulit. Selain itu, protein ini juga berperan penting dalam menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan tubuh, dan mempercepat proses penyembuhan saat sedang sakit.


Dilansir dari Alodokter, Minggu, (30/6/2024), selain baik untuk kesehatan tubuh, sayuran tinggi protein bisa dengan mudah ditemukan dan harganya pun lebih terjangkau bila dibandingkan dengan sumber protein hewani. Berikut ini adalah beragam pilihan sayuran tinggi protein:

1. Bayam
Sayuran tinggi protein yang pertama adalah bayam. Dalam 100 gram bayam, terdapat sekitar 2,86 gram protein. Selain itu, bayam juga mengandung beragam nutrisi lain, seperti zat besi yang berperan dalam produksi sel darah merah dan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Selain itu, asam folat pada bayam juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satu manfaatnya adalah mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

2. Sawi hijau
Sama seperti bayam, dalam 100 gram sawi hijau juga mengandung 2,86 gram protein. Tidak hanya tinggi protein, sayuran yang sering ditambahkan ke dalam semangkuk mie ayam ini juga tinggi serat yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan serta kalsium dan kalium yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

Selain itu, sawi hijau juga tinggi vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menjaga kesehatan sistem reproduksi.


3. Brokoli
Brokoli dikenal dengan kandungan kalium dan vitamin K yang cukup tinggi. Bahkan, sayuran ini memiliki beragam nutrisi maupun senyawa yang berkhasiat untuk mempertajam indra penglihatan, yaitu vitamin A, lutein, dan zeaxanthin.

Meski tidak banyak orang yang tahu, sayur ini juga tinggi protein, lho. Dalam 100 gram brokoli, setidaknya terdapat 2,82 gram protein.

4. Kacang panjang
Sayuran tinggi protein selanjutnya adalah kacang panjang. Dalam 100 gram kacang panjang terkandung sekitar 2,8 gram protein. Sayuran ini juga mengandung sejumlah mineral yang mampu menjaga kesehatan tubuh, seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium.


5. Kembang kol
Sayuran tinggi protein berikutnya adalah kembang kol. Dalam 100 gram kembang kol setidaknya mengandung sekitar 2,4 gram protein. Sayur ini juga tinggi fosfor yang berperan penting dalam memelihara kesehatan tulang serta gigi.

Selain itu, kembang kol juga mengandung kolin yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi saraf dan otak.

6. Kentang
Tidak hanya tinggi karbohidrat, kentang juga termasuk sayuran tinggi protein. Dalam 100 gram kentang terkandung 2,05 gram protein. Sayuran yang termasuk umbi-umbian ini juga kaya akan kandungan vitamin C.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *