Simak Manfaat Utama Air Lemon untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat air lemon untuk kesehatan. (Foto: Halodoc|)

Sukoharjonews.com – Apa istimewanya air lemon? Mungkin Anda pernah mendengarnya baik untuk Anda, tetapi Anda tidak yakin apakah ada manfaatnya. Atau mungkin Anda sudah minum air lemon dan bertanya-tanya apakah air lemon dapat meningkatkan kesehatan Anda.

Dilansir dari prevention, Jum’at (22/12/2023), mengenai manfaat minum air lemon secara khusus, beberapa di antaranya tidak memiliki dasar ilmiah yang mendasarinya, namun ada pula yang sah, kata Laura Neville, ND , seorang dokter naturopati yang berbasis di Portland, OR. Mari selami manfaat potensial dari meminum secangkir air lemon, ditambah beberapa cara lain untuk mendapatkan manfaat asam dari vitamin C yang berwarna kuning cerah.

1. Menstabilkan nafsu makan Anda
Air lemon dapat mencegah lonjakan rasa lapar berkat pektin penyeimbang gula darah (sejenis serat larut) dan mojo yang menghidrasi, kata Neville. Jika Anda masih ngemil setelah makan, campurkan 1 cangkir air hangat dengan perasan 1/2 buah lemon dan sejumput kulit lemon (silakan tambahkan sedikit madu).

2. Ini meningkatkan energi Anda
Dua jenis vitamin memberi kekuatan pada lemon. Vitamin C di dalamnya meningkatkan penyerapan zat besi—bermanfaat, karena kekurangannya dapat menyebabkan kelelahan. Vitamin B dalam lemon juga membantu produksi energi, kata Neville. Cobalah memblender satu irisan lemon (termasuk kulitnya; tambahkan sedikit air jika perlu), lalu bekukan dalam wadah es batu. Masukkan ke dalam air untuk penyegaran cepat atau ke dalam smoothie yang diisi dengan kangkung kaya zat besi.

3. Melindungi sel Anda
Lemon dan jusnya mengandung vitamin C tingkat tinggi, dengan hanya satu onsnya menyediakan sekitar 13% dari kebutuhan harian Anda, menurut Prest. Vitamin C adalah antioksidan kuat, melawan kerusakan sel yang terakumulasi seiring berjalannya waktu dan bahkan dapat menjadi faktor penyebab masalah seperti kanker dan penyakit jantung.

“Dari penelitian berbasis populasi besar diketahui bahwa pola makan tinggi buah-buahan dan sayur-sayuran dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit kardiovaskular, stroke, dan kanker, serta peningkatan umur panjang,” kata Prest. “Mengonsumsi air lemon yang mengandung vitamin C, potasium, dan vitamin B sebagai bagian dari pola makan kaya buah dan sayuran lainnya dapat bermanfaat untuk pencegahan penyakit.”

4. Membantu mencerahkan kulit
Air lemon dapat membantu perjalanan Anda untuk membersihkan kulit, berkat vitamin C -nya . Perst menjelaskan bahwa Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan. Namun, ini bukanlah obat ajaib: “Jangan hanya mengandalkan air lemon untuk kulit Anda,” kata Perst. “Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran tinggi vitamin C seperti kentang, paprika, stroberi, dan buah jeruk selain memakai tabir surya akan membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas yang mempengaruhi penampilan kulit.”

5. Mengontrol kembung
Air lemon dapat membantu pencernaan dan mengurangi kembung . Tetap terhidrasi dengan meminum air lemon “dapat membantu motilitas dan keteraturan usus sehingga Anda tidak terlalu kembung,” jelas Perst. Air lemon juga merupakan sumber potasium yang baik, mineral yang membantu menjaga kadar natrium tetap terkendali, sehingga berpotensi mengurangi kembung yang disebabkan oleh garam.

6. Membantu penurunan berat badan
Penelitian menunjukkan bahwa tetap terhidrasi adalah bagian penting dari setiap perjalanan penurunan berat badan karena sejumlah alasan terkait fungsi tubuh yang optimal. Tingkat hidrasi puncak membantu menstimulasi metabolisme, meningkatkan efek olahraga, dan memungkinkan otak merespons isyarat lapar dengan lebih baik. Cobalah memulai hari Anda dengan meminum segelas penuh air lemon sebanyak delapan ons untuk membantu memenuhi target hidrasi harian Anda .

7. Membantu menghilangkan batu ginjal
Studi menunjukkan bahwa lemon mengurangi risiko batu ginjal dengan “mencegah pembentukan batu karena peningkatan konsentrasi sitrat yang menghambat kristalisasi kalsium yang bertanggung jawab atas pembentukan batu,” jelas Perst. Secara umum, tetap terhidrasi dengan minum tiga hingga empat liter air per hari (1 galon air) dianjurkan untuk membantu mencegah batu ginjal bagi mereka yang berisiko, lanjut Perst. “Satu galon air putih mungkin membosankan, jadi menambahkan lemon bisa menyegarkan, meningkatkan sitrat, dan membantu seseorang mencapai target cairannya.”(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar