Simak Manfaat Teh Hijau yang Penting untuk Diketahui

Manfaat teh hijau.(Foto:Health)

Sukoharjonews.com – Teh hijau, sumber antioksidan dan kafein, memiliki beberapa manfaat. Penelitian telah menemukan bahwa manfaat kesehatan dari teh hijau mungkin termasuk mengurangi kecemasan dan stres, meningkatkan daya ingat, dan mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Dilansir dari Health, Sabtu (24/8/2024), beberapa jenis teh hijau , antara lain minuman, suplemen makanan, bahkan salep topikal. Teruslah membaca untuk mempelajari kemungkinan manfaat, risiko, dan tip teh hijau untuk memasukkannya ke dalam makanan Anda.

1. Mengurangi Kecemasan dan Stres
Teh mengandung asam amino yang disebut L-theanine , yang mengurangi kecemasan dan stres , membantu Anda rileks. Teh hijau memiliki salah satu konsentrasi L-theanine tertinggi dibandingkan teh hitam, oolong, dan putih.Penelitian telah menemukan bahwa menambah 200–400 miligram L-theanine setiap hari membantu mengurangi kecemasan dan stres.

2. Membantu Melindungi Terhadap Penurunan Kognitif
Beberapa bukti menunjukkan bahwa minum teh hijau membantu melindungi terhadap penyakit neurodegeneratif tertentu, seperti Alzheimer dan Parkinson. Teh hijau memiliki konsentrasi antioksidan tinggi yang dapat melindungi terhadap kerusakan sel yang meningkatkan risiko penyakit kronis.

3. Membantu Mendukung Kesehatan Tulang
Teh hijau dapat menurunkan risiko osteoporosis , penyakit tulang yang meningkatkan risiko patah tulang pinggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan. Orang pascamenopause mempunyai risiko paling tinggi terkena osteoporosis.

4. Meningkatkan Umur Panjang
Minum teh hijau dapat membantu mendukung hidup sehat dan panjang umur. Teh hijau merupakan sumber polifenol, atau senyawa tumbuhan yang berperan sebagai antioksidan.

5. Menurunkan Kolesterol
Sebuah ulasan yang diterbitkan pada tahun 2020 menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau membantu menurunkan LDL (“jahat”) dan kolesterol total.

6. Dapat Meningkatkan Daya Ingat
Penelitian menemukan bahwa kandungan L-theanine dalam teh hijau dapat meningkatkan daya ingat. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014 menemukan bahwa ekstrak teh hijau meningkatkan memori kerja di antara 12 sukarelawan sehat.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar