Simak Manfaat Membacakan Buku pada Anak Usia Dini

Manfaat membacakan buku pada anak usia dini. (Foto: pixabay)

Sukoharjonews.com – Ada banyak manfaat membacakan buku pada anak sejak dini. Salah satunya dapat membantu tumbuh kembang anak. Mendidik dan menuntun sang anak dalam masa kembangnya di usia dini juga berpengaruh besar untuk masa depan anak.


Dilansir dari Greeners, Jum’at (1/12/2023) membacakan buku kepada anak usia dini harus orang tua lakukan secara konsisten. Sebab, dari konsistensi ini akan memberikan sejumlah manfaat baik untuk sang buah hati.Oleh karena itu, yuk, kenali manfaat membacakan buku pada anak usia dini lewat penjelasan di bawah ini!

1. Membangun kedekatan orang tua dan anak
Jangan mengira membaca buku untuk anak itu hanya mempunya manfaat edukasi saja . Namun, bagi kamu yang sudah berperan sebagai orang tua, bisa memberikan kesempatan baik lewat membacakan buku pada anak. Salah satunya, orang tua dan anak dapat membangun kedekatan atau koneksi yang erat.


2. Meningkatkan keterampilan bahasa
Manfaat kedua, perlu tahu dengan membacakan buku dapat membantu meningkatkan keterampilan bahasa, komunikasi, sosial, dan membaca sang anak . Sebab, jika anak rutin dibacakan sebuah dongeng atau cerita tentu akan merangsang bagian otak anak. Hal itu memungkinkan mereka dapat memahami makna bahasa baru.

3. Meningkatkan imajinasi dan kreativitas
Perlu kamu ketahui, bahwa anak kecil secara alami memiliki kapasitas untuk bermimpi besar dengan menggunakan imajinasinya. Dengan membacakan buku dengan suara yang jelas dan ekspresif untuk sang anak, tentu akan membantu mereka menggunakan imajinasinya. Terutama untuk menjelajahi bayangan orang, tempat, waktu, dan peristiwa di luar pengalaman mereka sendiri.


4. Meningkatkan konsentrasi dan disiplin
Memasuki aktivitas membaca ke dalam keseharian si anak tentu akan berdampak baik bagi anak. Dengan membiasakan anak untuk membaca dan mendengarkan cerita, mereka bisa lebih disiplin dan konsentrasi.

Sebab, seperti yang kita ketahui anak kecil seringkali jarang untuk duduk diam dalam waktu yang lama. Kemudian, hal itu menyebabkan mereka sulit untuk fokus. Namun, ketika orang tua memperkenalkan aktivitas membaca dan selalu meluangkan waktunya untuk bercerita kepada anak dengan konsisten, tentu perlahan-lahan perilaku anak pun akan berubah menjadi lebih baik. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *