Simak Manfaat Gandum Untuk Kesehatan

Manfaat gandum.(Foto:Pixabay)

Sukoharjonews.com – Dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat semakin khawatir untuk mengonsumsi gandum. Ini telah dikaitkan dengan alergi gandum , penyakit celiac , dan banyak lagi. Namun Anda mungkin juga pernah mendengar bahwa gandum memiliki banyak manfaat nutrisi. Jadi, apakah gandum benar-benar baik untuk Anda?

Dilansir dari WebMD, Rabu (17/4/2024), ada dua jenis utama gandum. Jenis yang paling umum adalah roti atau gandum biasa, juga dikenal sebagai Triticum aestivum vulgare. Gandum durum, atau Triticum turgidum durum, adalah jenis lainnya. Kebanyakan pasta terbuat dari gandum durum.

Tepung terigu adalah bahan utama dalam banyak makanan. Ini termasuk pasta, mie, roti, couscous, dan makanan yang dipanggang seperti kue dan biskuit.

Gandum merupakan sumber karbohidrat yang baik serta beberapa vitamin dan mineral. Gandum utuh khususnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda.

Tinggi karbohidrat.
Karbohidrat penting untuk kesehatan Anda. Tubuh Anda membutuhkan karbohidrat agar dapat bekerja dengan baik. Pedoman Diet untuk Orang Amerika mengatakan bahwa 45% hingga 65% dari total kalori harian Anda harus berupa karbohidrat.

Mengandung protein .
Setiap sel di tubuh Anda mengandung protein. Protein terdiri dari asam amino. Tubuh Anda menghasilkan sebagian besar asam amino yang dibutuhkannya, namun sembilan di antaranya harus berasal dari makanan yang Anda makan.

Sumber mineral yang penting.
Gandum mengandung banyak mineral . Konsentrasi mineral dalam gandum ditentukan oleh jenis, tanah, iklim, dan praktik pertanian, seperti pertanian organik. Tepung gandum utuh lebih kaya mineral dan vitamin dibandingkan tepung putih.

Antioksidan.
Biji-bijian utuh mengandung antioksidan. Ini adalah zat yang dapat menunda atau mencegah beberapa bentuk kerusakan sel. Cara terbaik untuk mendapatkan antioksidan adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Para peneliti mengatakan bahwa suplemen antioksidan tidak efektif untuk pencegahan penyakit.

Gandum dan Nutrisi
Satu porsi 3,5 ons tepung gandum utuh yang tidak diperkaya mengandung:

15 gram protein
10,6 gram serat makanan
71,2 gram karbohidrat
38 miligram kalsium
136 miligram magnesium
352 miligram fosfor
376 miligram potasium
39 mikrogram folat
5,5 miligram niasin
0,5 miligram tiamin.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar