Simak Manfaat dan Kandungan Gizi pada Kerang Oysters

Manfaat dan kandungan gizi kerang oyster.(Foto: bbc food)

Sukoharjonews.com – Tiram merupakan moluska yang sering dimakan mentah atau dimasak. Mereka adalah makanan yang sangat bergizi, dengan banyak protein, vitamin dan mineral! Mereka memiliki umur simpan yang lebih lama dibandingkan beberapa kerang, Anda dapat menyimpannya hingga 4 minggu jika Anda membelinya segar dan menyimpannya di lemari es dengan kelembapan 100%.


Dilansir dari fitday, Selasa (28/5/2024), saat Anda siap menyantap tiram, Anda harus memasaknya hidup-hidup atau memakannya mentah. Anda dapat mengetahui apakah tiram sudah mati karena cangkangnya akan terbuka dan tidak tertutup saat Anda mengetuknya. Kalau sudah dibuka, sudah tidak aman lagi untuk dimakan.

Manfaat Tiram Bagi Kesehatan

-Tiram mendapat peringkat 106 pada Skor Asam Amino, yang berarti tiram merupakan sumber protein lengkap/berkualitas tinggi. Setiap sel dalam tubuh Anda membutuhkan protein dan jaringan terus-menerus rusak dan perlu dibangun kembali dengan protein. Ini juga merupakan sumber zat besi yang baik jika Anda makan beberapa tiram. Zat besi penting karena membantu perkembangan sel.

-B12 merupakan vitamin B yang penting untuk membantu pembuatan sel darah merah, DNA dan penting untuk kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Hal ini juga dikaitkan dengan penurunan kadar homosistein tinggi (yang terkait dengan penyakit jantung), serta penurunan risiko diabetes, depresi, osteoporosis, dan beberapa jenis kanker. Beberapa orang yang berisiko anemia harus mempertimbangkan untuk menambahkan tiram ke dalam makanan mereka untuk mendapatkan cukup B12.

-Tiram mengandung sejumlah besar mineral termasuk selenium yang bekerja dengan vitamin E sebagai antioksidan, baik melindungi sel dan mendukung fungsi kekebalan tubuh. Mengonsumsi banyak tiram juga dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan harian Anda akan vitamin C, antioksidan lain yang melawan radikal bebas.


Ide Memasak Tiram
Tiram dapat dimakan dengan berbagai cara dengan mengonsumsinya mentah, diasap, dipanggang, direbus, direbus, dikukus, dipanggang, dikalengkan, diasamkan, dipanggang, atau diasapi. Seperti sumber protein lainnya, sumber protein ini dapat ditambahkan ke banyak resep berbeda. Selain memakannya mentah atau dimasak sendiri, Anda juga bisa membuat sup atau rebusan tiram yang lezat. Ide populer lainnya termasuk membuat pai tiram, menambahkannya ke hidangan pasta, atau memanggangnya menjadi roti jagung dan isian. Bagi pecinta tiram sejati, cobalah tiram martini atau sebagai tambahan untuk Bloody Marys.

Nilai Gizi Tiram

1 tiram mentah ukuran sedang, ~50g
Kalori: 41
Lemak: 1g / 2% DV
Protein: 5 gram
Karbohidrat: 2g / 1% DV
Besi: 14% DV
B12: 133% DV
Seng: 55% DV
Tembaga: 39% DV
Selenium: 55% DV
Mangan: 16% DV
Vitamin C: 7% DV
Riboflavin: 7% DV
(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *