Simak Kebiasaan ini Bikin Kamu Punya Banyak Teman

Kebiasaan yang bikin banyak teman. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Memiliki hubungan pertemanan yang berkualitas, membantu Anda melewati masa-masa buruk. Bisa juga dengan memperluas pertemanan, dapat menciptakan waktu terbaik.


Dilansir dari VOI, Selasa (24/10/2023), untuk memperluas pertemanan baru, Anda bisa melakukan kebiasaan yang baik dalam menghidupi relasi Anda dengan hal berikut ini.

1. Menjangkau orang lain
Bahkan hanya karena untuk mengisi waktu saat menunggu jadwal penerbangan misalnya, Anda bisa menjangkau orang lain. Menjangkau maksudnya melakukan percakapan yang mengarah pada persahabatan. Menurut psikolog kepribadian sosial dan asisten profesor di Michigan State University, Dr. William Chopik, menjangkau orang lain adalah langkah pertema yang penting untuk mendapatkan teman baru. Beberapa hubungan yang paling dangkal pun, kemudian bisa tumbuh menjadi hubungan yang bermakna dimulai dari berbagi minat, hobi, opini, atau aspirasi bersama.

2. Batasi pakai ponsel di depan umum
Tentu Anda harus sigap pada situasi. Kadang memang harus menerima panggilan atau menjawab pesan dari gawai. Namun Anda tak perlu terus-menerus menggunakan ponsel saat momen sosial. Kalau Anda bermain gawai saat berada di situasi sosial, menurut psikolog sosial Karin Anderson Abrell, ini tanda kalau Anda tidak tertarik menjalin hubungan sosial. Maka, kalau Anda ingin memperluas pertemanan, batasi memakai gawai dan cobalah terlibat dalam percakapan.


3. Berpikiran positif
Bersikap dan berpikiran positif besar kontribusinya dalam menjalin hubungan pertemanan lebih luas. Menurut Abrell, tidak berarti Anda harus berpura-pura di depan orang lain. Tetapi berbicara jujur, bersikap hangat, dan ramah bisa jadi kunci untuk memperluas jaringan Anda.

4. Jadi pendengar yang baik
Setiap orang ingin didengarkan dan dipahami oleh orang lain, menurut psikiater Gail Saltz dilansir YourTango, Senin, 23 Oktober. Maka menjadi pendengar yang baik dan mengajukan pertanyaan bisa jadi langkah untuk menjalin pertemanan yang sehat. Dengan begitu, orang lain juga melakukan hal yang sama, yaitu menjadi pendengar yang baik untuk Anda sehingga sama-sama merasa dipahami.

5. Mudah akrab dengan orang lain
Kalau Anda terbiasa bersikap sopan dan hormat, disertai dengan ramah serta hangat, akan lebih mudah menciptakan keakraban, tutur Saltz. Abrell sependapat, karena dengan keramahan membuat orang lain merasa nyaman berada di sisi Anda.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *