Simak Kebiasaan Buruk yang Bisa Tingkatkan Risiko Kematian Dini

Penyebab kematian dini. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Seiring bertambahnya usia, tubuh akan kehilangan kekuatan dan otak mengalami penurunan kognitif. Tanpa disadari, melakukan kebiasaan buruk secara terus-menerus bisa mempersingkat hidup.

Dilansir dari Eat This, Not That, Jum’at (14/7/2023), menghentikan kebiasaan buruk memang cenderung sulit. Namun sebaliknya, beralih ke kebiasaan baik akan membuat kualitas hidup semakin meningkat.

Seperti kita ketahui, kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol berlebihan bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Nah, beberapa kebiasaan buruk berikut ini juga bisa meningkatkan risiko kematian dini. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

1. Terlalu Lama Duduk
Tidak melakukan aktivitas fisik dan duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko kematian. Menurut para ahli, seseorang harus rutin olahraga dan aktif bergerak sepanjang hari.

Kamu bisa mulai membiasakan diri untuk berjalan kaki ke tempat kerja, naik tangga, dan olahraga. Menurut Wall Street Journal, hindari duduk selama lebih dari tiga jam.

2. Pensiun Dini
Menurut penelitian, penduduk Eropa memiliki umur yang panjang karena tetap aktif di masa pensiun. Bukan berarti bekerja sampai mati, mereka melakukan kegiatan yang membuat otaknya tetap aktif dan merasa berguna.

Faktanya, bekerja bisa membantu menjaga pikiran dan tubuh tetap aktif. Sebaliknya, tidak bekerja menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan kematian dini.

3. Tidak Bersosialisasi
Studi yang dilakukan Harvard menemukan bahwa salah satu kunci kebahagiaan yang paling penting adalah persahabatan. Selain itu, bersosialisasi juga bisa membuat otak menjadi aktif yang membantu seseorang hidup lebih lama.

Sementara tidak memiliki teman dan tidak bersosialisasi memiliki efek sebaliknya. Menurut penelitian, seseorang hanya membutuhkan beberapa teman dekat untuk menikmati manfaat dari kehidupan sosial yang aktif.

4. Menunda
Melansir Eat This, Not That, penundaan merupakan kebiasaan buruk yang menghabiskan waktu bertahun-tahun dalam hidup. Orang yang kerap menunda cenderung melakukan penundaan dengan segala hal. Mulai dari menunda pekerjaan hingga pemeriksaan medis yang bisa membuat mereka kehilangan nyawa karena tidak mendapatkan perawatan medis tepat waktu.

5. Kurang Tidur atau Terlalu Lama Tidur.
Sejumlah penelitian menemukan bahwa tidur selama tujuh hingga sembilan jam per malam sangat penting untuk kesehatan. Kurang tidur bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius, tetapi terlalu lama tidur juga bisa berdampak negatif.

Menurut studi yang dilakukan Harvard, tidur lima jam per malam bisa mengurangi umur hingga 15%. Sementara tidur selama lebih dari 10 jam meningkatkan risiko penyakit dan mempercepat kematian.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar