Simak Jangan Konsumsi 5 Sayuran dan Buah-Buahan Ini saat Diare

Sayuran yang harus dihindari saat diare. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Penyakit perut, seperti diare, yang disebabkan oleh bakteri kerap kali menyerang ketika kita memakan-makanan yang tidak bersih dan tidak sehat. Saat sedang terkena diare, asupan makanan pun perlu diperhatikan supaya tidak semakin parah.

Dilansir dari Medlineplus, Minggu(30/7/2023), sayuran dan buah-buahan cukup membantu untuk memulihkan energi, namun tidak semuanya baik untuk perut. Beberapa sayuran dan buah-buahan ini perlu dihindari jika kamu sedang terkena diare.

1. Brokoli
Sayuran hijau ini memiliki banyak sekali manfaat dalam kandungannya untuk tubuh. Brokoli kerap kali dijadikan menu diet karena kalori yang rendah dan tidak menimbulkan kolesterol. Namun, kamu harus menghindari brokoli jika sedang diare.

Dikutip dari Medlineplus, mengatakan bahwa brokoli mengandung banyak gas yang bisa mengakibatkan diare bertambah parah. Perut akan mengeras, terasa kembung, bahkan membuat semakin tidak enak badan.

2. Kubis
Sayuran yang harus dihindari saat sedang diare selanjutnya yaitu kubis. Sayuran berwarna putih dan mudah diolah menjadi beraneka masakan, seperti dikukus, tumis, digoreng jadi bakwan, hingga campuran sayur sop ini, sebaiknya jangan dikonsumsi ketika sedang diare.

Mengutip dari Live Strong, alasan kubis bisa menjadi penyebab diare dan harus sekali dihindari saat sedang mengalami diare adalah karena kandungan serat yang tinggi. Hal ini bisa menyebabkan perut keram dan membuat iritasi usus lebih parah.

Selain itu, jika tidak dicuci dan dimasak dengan baik, kubis bisa membawa banyak bakteri yang menyebabkan diare. Kubis juga memiliki fructans atau karbohidrat alami, sehingga membuat perut orang yang memiliki fructans intolerant sulit untuk mencernanya.

3. Keluarga Buah Citrus
Ketika sedang diare harap hindari buah-buahan seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan anggur. Walaupun buah-buahan itu terasa menyegarkan di mulut, tapi bisa membuat perut menjadi tidak nyaman.

Menurut Webmd, buah-buahan yang termasuk keluarga citrus perlu dihindari karena memiliki serat yang tinggi dan bersifat asam yang memicu sakit perut. Untuk itu, pastikan Beauties sudah sembuh dari diare sebelum memakannya.

4. Pir
Buah pir juga harus dihindari saat diare karena memiliki kandungan sukrosa dan fruktosa yang cukup tinggi. Proses pemecahan sukrosa dan fruktosa menjadi energi dan yang bisa diserap oleh tubuh hanya sebanyak 25 gram saja.

Jika terlalu banyak sisa dari sukrosa dan fruktosa, maka akan disalurkan ke dalam usus dan menjadi santapan bakteri di usus. Akibatnya, dari aktivitas bakteri itu bisa menghasilkan gas yang banyak, membuat perut kembung dan memperparah diare.

5. Kacang-Kacangan
Dilansir dariHealth Grades, orang yang mengalami diare cenderung untuk memilih memakan kacang-kacangan karena berharap bisa membuat tinja kembali menjadi padat. Padahal itu merupakan tindakan yang justru memperparah diare.

Kacang-kacangan mengandung serat fiber yang tinggi dan berat untuk dicerna. Jika sedang diare, lebih baik untuk memilih makanan yang berserat rendah seperti selada, tomat, atau timun.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar