Simak, Inilah Rematologi dan Penyakit Rematik

Penyebab reumatik.(Foto:shutterstock)

Sukoharjonews.com – Penyakit rematik memengaruhi sendi, tendon, ligamen, tulang, dan otot. Penyakit ini mencakup berbagai jenis artritis , istilah yang digunakan untuk kondisi yang memengaruhi sendi. Terkadang, penyakit ini disebut penyakit muskuloskeletal.


Dilansir dari ind thai news, Sabtu (31/8/2024), salah satu jenis penyakit rematik, osteoartritis, sangat umum — penyakit ini menyerang sekitar 32,5 juta orang dewasa di AS. Akan tetapi, jenis penyakit rematik lainnya kurang umum. Misalnya, sekitar 1,3 juta orang dewasa di AS menderita suatu bentuk yang disebut artritis reumatoid. Sementara itu, sekitar 200.000 orang Amerika menderita penyakit rematik yang dikenal sebagai lupus.

Bidang medis yang mempelajari jenis kondisi ini disebut reumatologi. Jika dokter Anda menduga Anda menderita penyakit rematik, mereka mungkin akan merujuk Anda ke dokter spesialis reumatologi , yaitu dokter yang terlatih khusus untuk menanganinya.

Penyebab
Sebagian besar kondisi ini terjadi saat sistem kekebalan tubuh Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan menyerang jaringan tubuh Anda sendiri. Dokter tidak yakin apa penyebabnya. Akan tetapi, para ilmuwan telah menemukan bahwa beberapa faktor risiko dapat membuat Anda lebih mungkin terkena penyakit rematik, termasuk:

Gen Anda: Beberapa gen dapat mengalami perubahan (atau mutasi) yang tampaknya meningkatkan risiko Anda terhadap penyakit rematik tertentu.


Jenis kelamin Anda: Beberapa penyakit rematik lebih umum terjadi pada satu jenis kelamin. Misalnya, artritis reumatoid dan lupus lebih sering terjadi pada wanita dan mereka yang terlahir sebagai perempuan (AFAB), sementara ankylosing spondylitis lebih sering menyerang orang yang terlahir sebagai laki-laki.

Berat badan Anda: Menjadi gemuk meningkatkan risiko Anda terhadap beberapa penyakit rematik.

Riwayat kesehatan Anda: Beberapa infeksi, serta pengalaman trauma dan tekanan masa kecil, dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terhadap penyakit rematik tertentu. Kondisi seperti penyakit gusi juga dapat meningkatkan risiko Anda.

Kebiasaan Anda: Merokok merupakan faktor risiko artritis reumatoid dan penyakit rematik lainnya.

Paparan Anda terhadap racun: Ada bukti bahwa paparan beberapa polutan dan bahan kimia membuat Anda lebih mungkin terserang penyakit rematik.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *