Simak, Ini Penyebab Sulit Hamil

Alasan susah hami.(Foto:alodokter)

Sukoharjonews.com – Setiap pasangan yang sudah menikah tentunya berharap untuk segera memiliki momongan. Namun sayangnya, ada beberapa pasangan yang belum juga dikaruniai buah hati meskipun sudah mencoba berbagai cara untuk bisa hamil. Ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab Anda susah hamil, salah satunya siklus menstruasi yang tidak lancar.


Dilansir dari mother and beyond, Rabu (4/9/2024), bagaimana jika siklus menstruasi lancar tetapi tidak kunjung hamil? Nah, berikut ini beberapa kemungkinan penyebab susah hamil padahal haid lancar.

1. Stres berkepanjangan yang kronis
Anda mungkin pernah mendengar seorang teman atau keluarga mengatakan, “Jangan terlalu stres kalau mau cepat hamil.” Meskipun terdengar sedikit menjengkelkan, pernyataan itu ada benarnya, lho. Pasalnya, peningkatan kadar hormon kortisol saat mengalami stres berkepanjangan yang kronis–lebih dari stres sehari-hari yang biasa kita alami–dapat berdampak negatif pada kesuburan dan ovulasi.

2. Waktu berhubungan intim
Jika Anda mencoba untuk hamil dengan cara “alami” dengan penetrasi penis-vagina, berhubungan intim di hari-hari paling subur adalah kuncinya.

Glade B. Curtis, M.D., seorang penulis buku tentang kehamilan, merekomendasikan Anda untuk berhubungan intim setiap hari atau dua hari sekali di masa subur atau mendekati ovulasi. “Berhubungan intim di hari-hari paling subur bisa meningkatkan peluang Anda untuk segera hamil,” jelasnya.


3. Sumbatan di tuba falopi
Tuba falopi yang tersumbat bisa mencegah sperma mencapai sel telur sehingga menyebabkan tidak terjadinya proses pembuahan. Inilah yang bisa jadi penyebab Anda susah hamil.

4. Silent anovulation
Memiliki siklus haid yang lancar tidak selalu menjamin Anda berovulasi. Para peneliti dari Kanada mengatakan bahwa hal itu disebut silent anovulation, di mana seorang wanita memiliki siklus menstruasi yang tampaknya normal, tetapi ovarium tidak melepaskan sel telur. Inilah yang menyebabkan Anda susah hamil padahal haid lancar.

5. Endometriosis
Endometriosis adalah salah satu gangguan kesehatan yang terjadi ketika jaringan yang melapisi rahim, atau disebut jaringan endometrium, tumbuh di tempat lain di luar rahim, seperti di ovarium, usus, belakang rahim, atau kandung kemih.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *