Simak, Ini Penyebab dan Gejala Peradangan Usus

Tanda peradangan usus(Foto:IDN Times)

Sukoharjonews.com -Enterokolitis atau infeksi usus adalah peradangan yang terjadi di usus, baik usus halus maupun besar. Kondisi ini biasanya ditandai dengan nyeri perut, diare, dan muntah-muntah.


Dilansir dari Siloam Hospital, Senin, (8/7/2024), infeksi usus dapat disebabkan oleh mikroorganisme yang masuk dan berkembang biak di dalam tubuh. Mari ketahui lebih lanjut tentang penyebab, gejala, dan cara mengobati infeksi usus dalam ulasan berikut ini.

Apa itu Infeksi Usus?
Infeksi pada usus atau enterokolitis adalah penyakit radang usus yang terjadi akibat paparan mikroorganisme, seperti bakteri, virus, dan parasit. Kondisi ini sering kali dipicu oleh konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi. Enterokolitis juga dapat menular melalui kontak fisik dengan orang yang terinfeksi.

Enterokolitis ringan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya, meski tanpa pengobatan khusus. Akan tetapi, kondisi ini membutuhkan perhatian lebih jika terjadi pada kelompok lanjut usia atau orang dengan sistem imun tubuh lemah karena dapat membahayakan.

Berdasarkan penyebab dan gejalanya, infeksi pada usus terbagi menjadi empat jenis, berikut masing-masing penjelasannya.


1. Enterokolitis Pseudomembran
Enterokolitis pseudomembran adalah peradangan yang terjadi di lapisan usus. Peradangan ini  akibat infeksi bakteri atau setelah penderitanya mengonsumsi antibiotik yang memengaruhi keseimbangan bakteri normal dalam usus.

2. Enterokolitis Antibiotik
Penggunaan obat antibiotik yang berlebihan atau tidak tepat dapat menyebabkan kematian massal pada bakteri baik. Akibatnya, bakteri jahat memiliki lingkungan yang mendukung perkembangannya hingga memicu infeksi usus.

3. Enterokolitis Nekrotikans
Jenis infeksi ini terjadi akibat kematian jaringan di lapisan usus disertai peradangan. Enterokolitis nekrotikans sering kali terjadi pada bayi dengan kelahiran prematur.

4. Enterokolitis Hemoragik
Selain pseudomembran, enterokolitis hemoragik juga disebabkan oleh bakteri. Pasalnya, strain tertentu dari bakteri E. coli dapat menginfeksi usus dan melepaskan racun (shiga toxin) yang bisa menyebabkan peradangan pada usus.


Penyebab Infeksi Usus
1. Bakteri

Beberapa jenis bakteri yang dapat memicu terjadinya infeksi usus adalah:

  • Salmonella
  • E. coli
  • Shigella
  • Yersinia
  • Clostridium
  • Campylobacter

2. Virus
Infeksi virus biasanya berasal dari konsumsi makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi. Beberapa jenis virus penyebab infeksi usus adalah:

  • Rotavirus
  • Adenovirus
  • Norovirus

3. Parasit
Sementara itu, jenis parasit yang biasanya menyebabkan enterokolitis adalah Entamoeba histolytica, cacing, Giardia, dan Balantidium coli. Selain melalui makanan dan kontak langsung, parasit tersebut sering kali menyebar melalui air, misalnya saat berenang, atau minum air dari sumur yang terkontaminasi.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *