Simak ini Pengaruh Kopi Terhadap Kesehatan Tulang

Efek kopi bagi kesehatan tulang.(Foto:NDTV Food)

Sukoharjonews.com -Kopi, sumber utama kafein, dikatakan berdampak buruk terutama jika Anda menderita osteoporosis . Ini karena kafein dikaitkan dengan penurunan massa tulang meningkatkan risiko patah tulang.

Dilansir dari Getdoc, Jum’at, (28/6/2024),penelitian terbaru dari Hong Kong dan Taiwan menunjukkan efek sebaliknya. Khususnya, mengonsumsi kopi mungkin baik untuk kesehatan tulang

Apakah kopi buruk bagi kesehatan tulang?
Rupanya, penelitian fisiologis manusia menunjukkan bahwa kafein memiliki efek depresan pada penyerapan kalsium. Namun dampaknya tidak signifikan. Apalagi, efek negatif kafein terhadap penyerapan kalsium bisa diimbangi hanya dengan meminum 2 sendok makan susu.

Lebih jauh lagi, dalam studi observasional ini, tidak ada deteksi kehilangan kalsium dari total ekskresi kalsium urin 24 jam. Intinya, kafein hampir tidak menyebabkan hilangnya kalsium dari sistem tubuh.

Para peneliti percaya bahwa penyebab menurunnya kekuatan tulang mungkin disebabkan oleh rendahnya konsumsi susu, sebuah kecenderungan yang terjadi di kalangan peminum kopi. Tentu saja, semakin rendah konsumsi susu, semakin besar pula dampak negatifnya. Lagi pula, minum lebih sedikit susu berarti menghilangkan sumber kalsium yang cukup bagi tubuh, yang penting untuk kesehatan tulang.

Efek Menguntungkan Kopi terhadap Kesehatan Tulang dari Penelitian Terbaru
Yang mengejutkan, penelitian terbaru terhadap 564 peminum kopi di Hong Kong dan 2.682 peserta di Taiwan menunjukkan efek positif dari metabolit kopi tertentu terhadap kepadatan tulang, sehingga menurunkan risiko patah tulang.

Dalam penelitian di Taiwan, hasil positif yang signifikan hanya ditemukan di kalangan wanita pramenopause, yang minum kopi dalam jumlah sedang dan tinggi. Tren ini signifikan pada pembacaan skor T Kepadatan Mineral Tulang (BMD) yang lebih tinggi.

Kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan dengan jelas korelasi antara minum kopi dengan kepadatan tulang yang lebih tinggi pada pria dan wanita pramenopause. Berdasarkan hasil penelitian ini, peminum kopi mungkin mendapat manfaat dari risiko patah tulang yang lebih rendah.

Langkah Menuju Kesehatan Tulang yang Lebih Baik
Upayakan untuk mencapai tingkat Vitamin D dan Vitamin K yang cukup dalam sistem tubuh, pastikan asupan kalsium yang baik dan lakukan latihan menahan beban . Yang terakhir, lakukan diet sehat tulang yang kaya akan protein, omega-3, dan sayuran hijau .

Jadi peminum kopi – silakan nikmati secangkir teh seperti biasa. Ingatlah bahwa kopi juga baik untuk kesehatan tulang, selain beberapa manfaat kesehatan lainnya.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar