Simak, Ini Pemicu Terjadinya Serangan Jantung Tiba-tiba

Pemicu serangan jantung. (Foto : Pexels)

Sukoharjonews.com -antung merupakan salah satu organ yang paling penting bagi manusia. Karena jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh.

Karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan jantung dari hal-hal yang membahayakan jantung. Termasuk dari hal-hal yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Dilansir dari WebMD, Senin (12/62023), serangan jantung paling umum disebabkan oleh penumpukan lemak, kolesterol, dan zat lainnya, yang membentuk plak di arteri yang memberi makan jantung.Nah, agar tidak menyepelekannya, inilah pemicu serangan jantung secara tak terduga.

1. Kurang Tidur
Kurang tidur tidak hanya akan membuatmu merasa kesal dan lelah, tetapi juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Dalam sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa orang yang biasanya tidur kurang dari 6 jam semalam, dua kali lebih mungkin mengalami serangan jantung dibandingkan mereka yang tidur 6 sampai 8 jam.

Dokter pun tidak mengetahui pasti mengapa hal ini dapat terjadi, tapi yang mereka tahu bahwa kurang tidur dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan peradangan. Hal tersebut tentu tidak baik bagi jantung.

2. Polusi Udara
Serangan jantung juga lebih sering terjadi ketika tingkat polusi udara tinggi. Pasalnya, orang yang sering menghirup udara kotor lebih cenderung mengalami penyumbatan arteri dan penyakit jantung.

3. Emosi yang Kuat
Emosi yang kuat seperti kemarahan, kesedihan, dan stres diketahui sebagai pemicu masalah jantung.

Namun, peristiwa yang menyenangkan terkadang juga dapat menyebabkan serangan jantung. Hal ini dapat dipicu oleh jenis emosi seperti kejutan pesta ulang tahun, pernikahan, atau kelahiran cucu.

4. Makan Berlebihan
Ketika kamu mengonsumsi makanan dalam jumlah besar sekaligus, hal ini dapat mengarah pada tingkat hormon stres norepinefrin yang lebih tinggi dalam tubuh. Kondisi tersebut dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, sehingga dapat memicu serangan jantung pada beberapa orang.

Makanan yang sangat berlemak juga dapat menyebabkan lonjakan tiba-tiba sejenis lemak dalam darah, dan itu dapat merusak beberapa pembuluh darah untuk sementara.

5. Udara Dingin
Berada di luar saat cuaca dingin yang ekstrim dapat menyebabkan arteri menyempit, sehingga membuat darah lebih sulit mencapai jantung.

Selain itu, jantung juga harus bekerja lebih keras untuk menjaga tubuh tetap hangat.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar