Simak ini Manfaat Minyak Peppermint

Manfaat minyak papermint.(Foto:alodokter)

Sukoharjonews.com – Minyak peppermint berasal dari tanaman peppermint persilangan antara watermint dan spearmint yang tumbuh subur di Eropa dan Amerika Utara.

Dilansir dari webmd, Senin(14/10/2024), minyak pepermin umumnya digunakan sebagai penyedap dalam makanan dan minuman serta sebagai pewangi dalam sabun dan kosmetik. Minyak ini juga digunakan untuk berbagai kondisi kesehatan dan dapat dikonsumsi secara oral dalam suplemen makanan atau dioleskan sebagai krim atau salep kulit.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak pepermin kemungkinan dapat membantu mengatasi gejala sindrom iritasi usus besar. Minyak ini juga dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan dan mencegah kejang pada saluran cerna yang disebabkan oleh endoskopi atau enema barium. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak ini dapat membantu meredakan sakit kepala tegang jika digunakan secara topikal, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi penelitian ini.

Minyak pepermin dapat menimbulkan efek samping seperti nyeri ulu hati dan dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum menggunakan minyak pepermin.

Minyak Peppermint vs. Ekstrak
Minyak pepermin adalah minyak esensial yang diambil dari bagian bunga dan daun tanaman pepermin. Minyak ini sangat pekat, baik dengan aroma maupun rasa tanamannya.

Di sisi lain, ekstrak menarik minyak esensial ke dalam cairan dasar, biasanya alkohol. Hal ini membuat minyak esensial kurang terkonsentrasi dibandingkan minyak esensial murni, yang lebih terasa seperti pepermin.

Manfaat Minyak Peppermint
Suplemen makanan

Dalam suplemen makanan, minyak peppermint telah dicoba untuk mengatasi banyak masalah pencernaan, termasuk: sindrom iritasi usus, gangguan pencernaan, maag.

Minyak pepermin untuk mengusir serangga
Anda dapat menggunakan minyak pepermin untuk mengusir lalat, semut, laba-laba, dan terkadang kecoak. Minyak ini memiliki senyawa, seperti mentol, yang dapat membantu mengendalikan tungau, larva nyamuk, dan hama lainnya. Senyawa ini memberikan minyak pepermin aroma yang kuat, yang tidak disukai serangga seperti semut dan laba-laba. Jika mereka merasakannya, mereka biasanya akan menghindarinya. Perlu diingat bahwa minyak pepermin tidak membunuh hama ini. Minyak ini hanya mengusir mereka.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar