Simak, Ini Efek Terlalu Banyak Minum Soda

Efek samping terlalu banyak minum soda.(Foto:Halosehat)

Sukoharjonews.com – Ketika mengunjungi tempat makan cepat saji, pasti kamu akan menemui minuman bersoda. Soda dan makanan cepat saji memang sudah menjadi perpaduan yang khas. Rasanya yang manis dan sensasi berbuih di mulut membuat minuman soda lebih menarik ketimbang minuman lainnya.

Dilansir dari Halodoc, Rabu (3/7/2024), rasanya manis nan menyegarkan, apalagi kala diteguk di siang hari yang terik, minuman soda ternyata tidak baik bagi kesehatan. Terlebih lagi apabila kamu mengonsumsinya berlebihan. Kebiasaan konsumsi minuman bersoda dapat memicu penyakit, seperti:

1. Obesitas
Masalah kesehatan pertama yang mengintai penyuka soda adalah obesitas. Hal ini dibenarkan dalam hasil penelitian yang dipublikasikan dalam National Library of Medicine National Institutes of Health pada tahun 2007 lalu.

Minuman bersoda memiliki kandungan gula yang tinggi, bahkan empat kali lebih tinggi dari minuman manis biasa. Jika dikonsumsi terlalu sering, maka dapat meningkatkan risiko berat badan berlebihan atau obesitas. Padahal, obesitas merupakan akar dari banyak penyakit serius lainnya.

2. Diabetes Tipe 2
Memiliki kaitan yang cukup erat dengan obesitas, konsumsi soda secara berlebihan juga secara tak langsung dapat menyebabkan peningkatan risiko diabetes tipe 2. Kaitan antara konsumsi soda berlebihan dengan diabetes tipe 2 ini diungkapkan dalam studi di tahun 2010, yang bertajuk Sugar-sweetened Beverages and Risk of Metabolic Syndrome and Type 2 Diabetes: A Meta Analysis.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa asupan pemanis jenis fruktosa yang berlebihan dapat menyebabkan resistensi insulin. Itulah sebabnya mengonsumsi soda yang kadar gulanya sangat tinggi, meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

3. Osteoporosis
Minuman soda yang dikonsumsi secara berlebihan juga ternyata dapat menyebabkan kerusakan dan kerapuhan tulang, lho. Jika tulang rapuh dan rusak, risiko untuk terkena osteoporosis meningkat. Lalu, mengapa minuman bersoda bisa merusak tulang? Asam fosfat yang terkandung di dalamnya cukup tinggi. Perlu diketahui bahwa asam fosfat adalah zat yang dapat merusak jaringan tulang.

Minuman soda juga dapat merusak tulang dengan cara menghambat penyerapan kalsium oleh tubuh. Padahal, kalsium adalah nutrisi yang dibutuhkan agar tulang dan gigi dapat tetap sehat. Jadi, dapat dikatakan bahwa semakin sering minum soda, semakin banyak pula jumlah kalsium yang tidak dapat diserap tubuh.

4. Penyakit Ginjal
Tingginya kadar fruktosa dalam soda juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit ginjal, seperti gagal ginjal dan sepsis. Hal ini juga dapat diperparah jika tidak diimbangi dengan minum air putih yang cukup.

5. Insomnia
Selain gula, soda juga memiliki kandungan aspartame di dalamnya. Zat tersebut dapat memicu terjadinya gangguan tidur di malam hari atau insomnia. Jika hal ini terjadi berkelanjutan, bukan tidak mungkin risiko depresi dan gangguan neurologis juga akan meningkat.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar