Simak ini Cara Mudah Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Cara memperbaiki skin barrier . (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Ketika kamu mulai merasakan kulit yang lebih sensitif, hingga jerawat yang tak kunjung sembuh, bisa jadi itu semua merupakan beberapa tanda atau gejala jika skin barrier kamu rusak. Terkadang beberapa hal tersebut jarang disadari oleh kita.


Dilansir dari Very Well Health, Kamis (6/7/2023), menjaga skin barrier itu merupakan suatu hal yang penting, jika kita melihat peran dan fungsi dari skin barrier itu sendiri. Yaitu melindungi kulit dari polusi, bahan kimia berbahaya, serta radiasi dari sinar UV.

Di sisi lain, skin barrier juga membantu dalam menjaga kelembapan alami kulit dengan cara mencegah dari transepidermal water loss.

Apa itu Skin Barrier?
Kulit kita terdiri dari beberapa lapisan, mulai dari epidermis, dermis, elastin, syaraf, darah, serta lapisan lemak yang jadi pelindung antara kulit dan otot. Selain itu ada juga skin barrier atau acid mantle, yang mana ini merupakan lapisan kulit terluar atau stratum korneum yang jadi perisai pelindung bagi kulit dan juga menjaga kadar air di kulit.

Skin barrier itu terdiri dari keratinocytes, melanocytes, serta sel langerhans. Ketika keratinocytes mengalami masalah, maka skin barrier bisa jadi rusak. Lantas, bagaimana jika skin barrier rusak?


Tips Perbaiki Skin Barrier
Ketika kamu mengalami skin barrier rusak, jangan khawatir dan panik dulu ya. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk perbaiki skin barrier yang rusak, antara lain :

Gunakan Pembersih Wajah yang Lembut
Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mulai memilih pembersih wajah yang lembut. Itu bisa kamu dapatkan dari pembersih wajah yang memiliki kandungan pH seimbang dan gentle, selain itu juga bebas dari kandungan deterjen maupun parfum.

Gunakan Skincare untuk Skin Barrier
Selanjutnya, kamu sebaiknya menggunakan skincare yang bisa memperkuat skin barrier. Kamu bisa gunakan skincare yang mengandung ceramide, hyaluronic acid, niacinamide, atau centella asiatica. Karena ini baik untuk skin barrier dan bisa melembapkan kulit.


Jangan Berlebihan dalam Eksfoliasi
Ini jadi hal yang cukup penting, karena jika kamu terlalu berlebih saat melakukan eksfoliasi, justru akan semakin merusak skin barrier kamu. Untuk itu, jangan berlebihan dalam bereksfoliasi dan lebih baik ganti dengan memakai sunscreen secara rutin.

Kembali ke Basic Skincare
Untuk sementara, kamu bisa kembali ke basic skincare dulu, seperti memakai facial wash, toner, moisturizer, dan sunscreen. Ini dilakukan agar kondisi skin barrier bisa kembali baik seperti semula lagi, dan yang paling penting, jangan lupa pakai skincare yang sesuai dengan tipe kulit kamu.

Nah, itu dia beberapa tips untuk memperbaiki skin barrier kamu yang rusak. Selain dari hal di atas, kamu juga harus selalu jaga pola hidup sehat, seperti tidur berkualitas, olahraga secara rutin, cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan cara banyak minum air putih dan mengonsumsi buah serta sayur yang banyak mengandung air. Selamat mencoba.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *