Simak Hal Sepele ini Bisa Gagalkan Progres Dietmu

Penyebab gagal diet. (Foro : Freepik)

Sukoharjonews.com – Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan melakukan diet sehat. Tidak hanya memerhatikan asupan makanan, olahraga juga penting untuk membantu membakar lemak di tubuh.


Dilansir dari Only My Health, Rabu (3/5/2023), orang percaya bahwa untuk menurunkan berat badan, mereka hanya perlu fokus pada berolahraga setiap hari dan rutin makan makanan sehat. Hal ini awalnya memang bisa membantu menurunkan berat badan, namun ada hal lainnya yang perlu diperhatikan, yakni kebiasaan sehari-hari.

Makan Makanan yang Sama
Perlu diingat bahwa setiap makanan memiliki manfaatnya masing-masing. Ketika kamu secara konsisten mengonsumsi satu jenis makanan, tubuh mendapatkan satu jenis nutrisi secara berlimpah, namun kekurangan jenis nutrisi lainnya.


Jadi, jika selama ini kamu hanya makan apel untuk sarapan pagi, cobalah untuk mengonsumsi jenis buah-buahan lain. Beberapa buah yang direkomendasikan untuk menurunkan berat badan seperti alpukat, buah berry, pisang, lemon, hingga semangka.

Langsung Makan Usai Bangun Tidur
Makanan yang kamu konsumsi usai bangun tidur di pagi hari dapat berdampak signifikan pada penurunan berat badan. Alih-alih langsung menyantap sarapan, cobalah memulai hari dengan mengonsumsi segelas air terlebih dahulu. Hal ini dapat membantu metabolisme dan pembuangan racun.

Selain itu, hindari makan apa pun yang berat karena dapat menyebabkan kembung, dan beri jarak setidaknya dua jam antara bangun tidur dan waktu makan pertama.


Kurang Tidur
Kebiasaan kurang tidur memang cukup sulit dihindari bagi orang-orang yang mempunyai segudang rutinitas. Namun bagaimana pun juga, tidur yang cukup dan berkualitas harus diutamakan karena berkaitan dengan kesehatan secara keseluruhan, termasuk dalam menurunkan berat badan.

Nyeri otot, energi rendah di siang hari, dan kesulitan fokus pada hal yang dikerjakan adalah tanda-tanda bahwa kamu kurang tidur. Tidur sangat penting untuk menurunkan berat badan karena selama tidur terjadi perubahan hormon yang besar. Biasakan untuk tidur pada waktu yang sama setiap hari dan targetkan tidur selama delapan jam per hari tanpa gangguan atau distraksi.


Kurang Minum Air Putih
Kebanyakan orang hanya fokus pada makan makanan kaya protein, namun terkadang lupa untuk memerhatikan asupan cairan. Sama seperti kamu yang berusaha untuk makan tepat waktu, biasakan untuk minum segelas air setiap jam untuk menghindari dehidrasi. Minum banyak air sepanjang hari juga membantu menjaga tingkat pH tubuh dan meningkatkan energi.

Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *