Simak Disini Daftar Obat untuk Penanganan Serangan Jantung

Obat serangan jantung. (Foto: Alodokter)

Sukoharjonews.com – Serangan jantung adalah keadaan darurat medis. Serangan jantung biasanya terjadi ketika gumpalan darah menghalangi aliran darah ke jantung. Tanpa darah, jaringan kehilangan oksigen dan mati.

Dipansir dari Mayoclinic, Jum’at (06/01/2023) setiap menit setelah serangan jantung, lebih banyak jaringan jantung yang rusak atau mati. Perawatan mendesak diperlukan untuk memperbaiki aliran darah dan mengembalikan kadar oksigen. Oksigen segera diberikan. Perawatan serangan jantung khusus tergantung pada apakah ada penyumbatan aliran darah sebagian atau seluruhnya.

Obat-obatan untuk mengobati serangan jantung mungkin termasuk:

1. Aspirin
Aspirin mengurangi pembekuan darah. Ini membantu menjaga darah tetap mengalir melalui arteri yang menyempit. Jika Anda menelepon 911 atau nomor darurat setempat, Anda mungkin diminta untuk mengunyah aspirin. Penyedia medis darurat dapat segera memberi Anda aspirin.

2.Nitrogliserin
Obat ini memperlebar pembuluh darah. Ini membantu meningkatkan aliran darah ke jantung. Nitrogliserin digunakan untuk mengobati nyeri dada mendadak (angina). Ini diberikan sebagai pil di bawah lidah, sebagai pil untuk ditelan atau sebagai suntikan.

3. Morfin
Obat ini diberikan untuk meredakan nyeri dada yang tidak kunjung sembuh dengan nitrogliserin.

4. Pemblokir beta
Obat-obatan ini memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah. Beta blocker dapat membatasi jumlah kerusakan otot jantung dan mencegah serangan jantung di masa depan. Mereka diberikan kepada kebanyakan orang yang mengalami serangan jantung. Obat ini menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres pada jantung.

5. Statin
Obat ini membantu menurunkan kadar kolesterol tidak sehat.Terlalu banyak kolesterol jahat (low-density lipoprotein, atau LDL) dapat menyumbat arteri.

Prosedur bedah dan lainnya
Jika Anda pernah mengalami serangan jantung, pembedahan atau prosedur dapat dilakukan untuk membuka arteri yang tersumbat. Operasi dan prosedur untuk mengobati serangan jantung meliputi:

1. Angioplasti koroner dan stenting. Prosedur ini dilakukan untuk membuka pembuluh darah jantung yang tersumbat. Ini juga dapat disebut intervensi koroner perkutan (PCI). Jika Anda pernah mengalami serangan jantung, prosedur ini sering dilakukan selama prosedur untuk menemukan sumbatan (kateterisasi jantung).

2. Selama angioplasti, dokter jantung (ahli jantung) memandu tabung tipis dan fleksibel (kateter) ke bagian arteri jantung yang menyempit. Balon kecil digelembungkan untuk membantu melebarkan arteri yang tersumbat dan meningkatkan aliran darah.

3. Tabung jaring kawat kecil (stent) dapat ditempatkan di arteri selama angioplasti. Stent membantu menjaga arteri tetap terbuka. Ini menurunkan risiko penyempitan arteri lagi. Beberapa stent dilapisi dengan obat yang membantu menjaga arteri tetap terbuka.

4. Operasi bypass arteri koroner (CABG). Ini adalah operasi jantung terbuka. Seorang ahli bedah mengambil pembuluh darah yang sehat dari bagian tubuh yang lain untuk menciptakan jalur baru bagi darah di jantung. Darah kemudian mengalir di sekitar arteri koroner yang tersumbat atau menyempit. CABG dapat dilakukan sebagai operasi darurat pada saat terjadi serangan jantung. Kadang dilakukan beberapa hari kemudian, setelah jantung agak pulih.

5. Rehabilitasi jantung
Rehabilitasi jantung adalah program latihan dan pendidikan yang dipersonalisasi yang mengajarkan cara untuk meningkatkan kesehatan jantung setelah operasi jantung. Ini berfokus pada olahraga, diet jantung sehat, manajemen stres, dan kembali secara bertahap ke aktivitas biasa. Sebagian besar rumah sakit menawarkan rehabilitasi jantung yang dimulai di rumah sakit. Program ini biasanya berlanjut selama beberapa minggu atau bulan setelah Anda kembali ke rumah.

Orang yang menghadiri rehabilitasi jantung setelah serangan jantung umumnya hidup lebih lama dan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami serangan jantung lagi atau komplikasi dari serangan jantung. Jika rehabilitasi jantung tidak dianjurkan selama Anda tinggal di rumah sakit, tanyakan kepada penyedia Anda tentang hal itu. (patrisia argi/mg)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar