Simak Disini, 6 Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami

Cara menambah tinggi badan secaraalami. (Foto: Pinterest)

Sukoharjonews.com – Beberapa faktor berkontribusi terhadap tinggi badan Anda secara keseluruhan. Diperkirakan bahwa faktor genetik menyumbang sekitar 80% dari tinggi badan akhir Anda. Faktor lingkungan tertentu, seperti nutrisi dan olahraga, biasanya menyumbang persentase sisanya.

Dilangsir dari healthline, Senin (21/10/2024) meskipun tinggi badan sebagian besar ditentukan oleh genetika Anda, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk tampil lebih tinggi dan mengoptimalkan potensi pertumbuhan Anda.

1. Makan makanan yang seimbang
Selama masa pertumbuhan Anda, penting bagi Anda untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. Diet Anda harus mencakup buah-buahan segar, sayuran segar, biji-bijian utuh, protein dan produk susu. Selain itu Anda harus membatasi atau menghindari makanan yang mengandung gula, lemak trans dan lemak jenuh.

2. Gunakan suplemen dengan hati-hati
Jika Anda memiliki kondisi yang memengaruhi produksi hormon pertumbuhan manusia (HGH), dokter mungkin merekomendasikan suplemen yang mengandung HGH sintetis. Selain itu, orang dewasa yang lebih tua mungkin disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D atau kalsium untuk mengurangi risiko osteoporosis.

3. Dapatkan jumlah tidur yang tepat
Terkadang kurang tidur tidak akan memengaruhi tinggi badan Anda dalam jangka panjang. Namun jika selama masa remaja Anda rutin mencatat waktu kurang dari jumlah yang disarankan, hal ini dapat menyebabkan komplikasi. Ini karena tubuh Anda melepaskan HGH saat Anda tidur. Produksi hormon ini dan hormon lainnya mungkin menurun jika Anda kurang tidur.

4. Aktivitas Olahraga
Olahraga teratur mempunyai banyak manfaat. Ini memperkuat otot dan tulang Anda, membantu Anda mempertahankan berat badan yang moderat, dan meningkatkan produksi HGH. Berolahraga sebagai orang dewasa juga memiliki manfaatnya. Selain membantu Anda menjaga kesehatan secara keseluruhan, ini juga dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis. Kondisi ini terjadi ketika tulang Anda menjadi lemah atau rapuh sehingga mengakibatkan hilangnya kepadatan tulang. Hal ini dapat menyebabkan Anda “menyusut”.

5. Latih postur tubuh yang baik
Postur tubuh yang buruk mungkin membuat Anda terlihat lebih pendek dari sebenarnya. Dan seiring waktu, merosot atau membungkuk juga dapat memengaruhi tinggi badan Anda yang sebenarnya.

Punggung Anda harus melengkung secara alami di tiga tempat. Jika Anda sering merosot atau membungkuk, lekukan ini mungkin bergeser untuk mengakomodasi postur baru Anda. Hal ini dapat menyebabkan nyeri pada leher dan punggung Anda.

6. Olahraga yoga untuk memaksimalkan tinggi badan Anda
Anda dapat berlatih yoga dalam kenyamanan rumah Anda sendiri atau dalam kelompok di gym atau studio setempat. Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, carilah rutinitas yoga di YouTube atau cobalah beberapa pose untuk pemula.

Setelah usia 2 tahun, sebagian besar anak tumbuh dengan kecepatan tetap sekitar 2,5 inci setiap tahun. Begitu masa pubertas tiba, Anda mungkin tumbuh lebih cepat. Namun, setiap orang tumbuh dengan kecepatan berbeda.

Bagi anak perempuan, percepatan pertumbuhan ini biasanya dimulai pada awal masa remaja. Anak laki-laki mungkin tidak mengalami peningkatan tinggi badan secara tiba-tiba sampai beberapa tahun memasuki usia remaja. (mg-03/nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar