Simak Career Switch yang Sukses untuk Gen Z

Career Switch yang sukses untuk gen z. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Beberapa orang berusaha mengubah karier atau melakukan “career switch” karena berbagai alasan. Bisa jadi karena mereka telah menemukan minat yang baru di dalam pekerjaan, ingin menghasilkan lebih banyak uang, atau ingin memiliki jam kerja yang lebih fleksibel.

Dilansir dari The Balance Money, Senin (8/5/2023), fenomena ini sering kali terjadi di kalangan generasi Z yang belum memiliki banyak pengalaman di dunia kerja. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk melakukan “career switch”, coba luangkan waktu untuk mengevaluasi situasi saat ini dan memilih jalan karier yang akan lebih memuaskan bagi dirimu.

Evaluasi Kepuasan Kerja
Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengevaluasi kepuasan kerja. Kamu bisa membuat jurnal reaksi harian terhadap situasi pekerjaanmu. Cari tema yang menarik dan bisa dilakukan berulang seperti aspek yang kamu sukai dan tidak sukai dari pekerjaanmu sekarang.

Apakah ketidakpuasanmu terletak pada konteks pekerjaan, budaya perusahaan, atau orang-orang di lingkungan kerjamu? Kamu bisa mengevaluasi semuanya untuk mempersiapkan diri untuk perubahan karier selanjutnya.

Pertimbangkan Karier Alternatif
Selanjutnya, kamu bisa memulai brainstorming ide-ide untuk alternatif karier di masa depan. Kamu bisa mendiskusikan pilihan karier dan keterampilanmu dengan teman, keluarga, dan koneksi yang tepat untuk mendapatkan nasihat karier. Kamu bisa mempertimbangkan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan yang kamu sukai. Selain itu, kamu bisa menemukan banyak informasi di internet mengenai pekerjaan yang kamu minati.

Perkuat Koneksi
Kamu bisa mencari peluang perubahan karier melalui koneksi yang kamu miliki. Cobalah bertemu dengan banyak orang yang tertarik pada minat yang sama denganmu.

Beberapa orang bisa mendapatkan pekerjaan bukan melalui lamaran formal. Mereka justru mendapatkannya melalui hubungan dengan orang-orang dalam komunitas. Sebagai generasi Z, tentu mudah bagi kamu untuk mengenal lebih banyak orang secara online di berbagai platform.

Ambil Kelas untuk Pengembangan Karier
Apabila kamu telah mengambil keputusan untuk melakukan career switch, coba selidiki peluang yang bisa menjembatani latar belakang keterampilan kamu di bidang baru nantinya. Pertimbangkan untuk mengikuti kursus online maupun offline untuk pengembangan karier selanjutnya.

Kamu juga bisa mengikuti seminar seputar karier di waktu luang. Kamu harus mencari cara untuk mengembangkan keterampilan baru dalam pekerjaan yang bisa membuka jalan perubahan.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar