Simak Cara Pilih Sunscreen untuk Tipe Kulit Kering Anda Disini!

Cara pilih sunscreen yang benar. (Foto:Fimela)

Sukoharjonews.com – Mengaplikasikan sunscreen menjadi salah satu cara untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Maka dari itu, Anda wajib memakai sunscreen sebelum beraktivitas keluar rumah. Di pasaran, Anda bisa temukan berbagai sunscreen terbaik dari berbagai jenis brand kecantikan yang memiliki keunggulan masing-masing.

Perlu Anda ketahui, memilih sunscreen tidak boleh sembarangan, lho. Anda harus memilih sunscreen dengan menyesuaikan kebutuhan dan jenis kulit Anda. Pada dasarnya, beda tipe kulit akan berbeda pula jenis sunscreen yang harus Anda gunakan agar fungsi sunscreen lebih maksimal.

Dikutip dari Base, pada Selasa (19/3/2024), inilah cara memilih sunscreen bagi Anda yang memiliki kulit kering:

1. Gunakan Sunscreen dengan Minimal SPF 30
Tingkat perlindungan sunscreen ditentukan dari kandungan SPF-nya. Untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, Anda disarankan untuk memilih sunscreen dengan SPF minimal 30 dan PA+++. Kandungan SPF dalam sunscreen akan melindungi kulit dari paparan sinar UVB, sementara PA akan membantu melindungi kulit dari bahaya sinar UVA. Mengutip dari American Academy of Dermatology, sunscreen dengan SPF 30 mampu menghalangi bahaya dari radiasi sinar UV sebesar 97 persen.

2. Hindari Kandungan yang Mengiritasi Kulit
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kulit kering cenderung lebih sensitif dan rentan reaktif terhadap jenis kandungan tertentu. Biasanya, iritasi kulit menjadi reaksi yang paling umum saat kulit kering terpapar kandungan yang berbahaya.

Sama halnya dengan sunscreen untuk kulit kering, Anda perlu menghindari kandungan yang mengiritasi kulit. Beberapa contohnya adalah alkohol, paraben, dan parfum. Sebenarnya penggunaan bahan-bahan ini masih tergolong aman asalkan sesuai takaran yang dianjurkan. Namun, mengingat kulit kering memiliki sifat yang cenderung sensitif, sebaiknya Anda menghindari kandungan tersebut dan memilih produk dengan kandungan yang lebih lembut untuk kulit.

3. Bertekstur Ringan dan Mudah Meresap
Sunscreen perlu diaplikasikan ulang setiap 2-3 jam sekali. Inilah alasan mengapa Anda perlu memperhatikan tekstur sunscreen yang digunakan. Untuk kulit kering, cari sunscreen yang memiliki tekstur krim yang ringan atau berbahan dasar air (waterbased). Tekstur seperti ini akan memberikan efek menenangkan dan sensasi dingin pada kulit. Selain itu, tekstur krim yang ringan akan lebih mudah menyerap di kulit, sehingga tidak menimbulkan rasa lengket atau residu di kulit saat reapply.

4. Memiliki Kandungan yang Melembapkan
Mencari sunscreen untuk kulit kering tidak hanya berfokus pada manfaat perlindungannya saja, melainkan juga kandungan di dalamnya. Untuk pemilik kulit kering, sebaiknya pilih sunscreen yang menambah kelembapan ekstra di kulit. Perhatikan lagi kandungan pada sunscreen yang hendak Anda gunakan, apakah memiliki sifat melembapkan dan menghidrasi atau tidak.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar